Disnaker Deli Serdang Serahkan Surat Tanda Daftar Khusus (BKK) kepada SMK Dwi Tunggal 2 Tanjung Morawa

RUBIS.ID, TANJUNG MORAWA - Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) 2 Dwi Tunggal Tanjung Morawa yang beralamat di JI.Medan-Tg.Morawa Km,14,5, melakukan kegiatan Workshop Kelembagaan Bursa Kerja Khusus (BKK), sekaligus penyerahan Surat Tanda Daftar khusus (BKK) oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Deli Serdang, Senin (25/09/2023).

Turut hadir dalam acara rombongan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Deli Serdang yaitu, Budi Iswan Sinaga, SSTP selaku kepala dinas ketenagakerjaan, Feri Hardian, SH selaku Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan perluasan kesempatan kerja, Holmes Ronald Surya Pangaribuan S.TP M.Eng sebagai kasi TKA, Nurlelliwati Siregar,S.Sos selakuKasi PKK, dan Yanita Uly Br Tarigan,SH selaku Kasi PTK.
Dan dari pihak yayasan perguruan Dwi tunggal turut hadir kepala sekolah Tumpal Hutabarat,S.Pd, Hernawa Kharisma Yuga,S.Kom selaku ketua BKK SMKS Dwi Tunggal 2 Tanjung Morawa yaitu, Irwan Syahputra,S.Kom sebagai Humas BKK beserta guru-guru pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK).

Yuga selaku ketua BKK SMKS 2 Dwi Tunggal Tanjung Morawa dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada kepala dinas ketenagakerjaan beserta rombongan yang telah berkenan hadir dalam penyerahan surat tanda daftar Khusus (BKK).

"Harapannya semoga untuk kedepannya alumni-alumni yang tamat lebih besar peluang mendapatkan pekerjaan dari pada menganggurnya," ujar Yuga.

Selain itu, Tumpal Hutabarat D.Pd selaku Kepala sekolah SMKS Dwi Tunggal 2 Tanjung Morawa juga menyampaikan, berharap kepada kepala dinas agar dapat memberikan bimbingan dan motivasi kepada guru-guru BKK SMKS Dwi Tunggal 2 Tanjung Morawa.

Disamping itu juga, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Budi Iswan Sinaga,SSTP menuturkan, sesuai amanat permenaker Nomor 39 tahun 2016 tentang penempatan Tanaga kerja pasal 31 menyebutkan bahwa, selain penempatan kerja yang dilakukan oleh pemerintah dan lembaga swasta yang berbadan hukum, pelayanan penempatan tenaga kerja dapat dilakukan oleh Bursa Kerja Khusus (BKK). Dalam hal ini kepala dinas tenaga kerja menyampaikan kepada guru-guru agar dapat mendidik dan melatih anak didik nantinya menjadi alumni yang sudah memiliki kemampuan untuk bekerja di perusahaan.

Budi Iswan juga memaparkan," harapannya semoga anak-anak alumni yang bekerja sesuai kemampuannya juga dapat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi/kuliah sambil bekerja," sebutnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepala sekolah dan beserta guru-guru yang mana BKK ini juga nanti nya dapat berfungsi sebagai menurunkan angka pengangguran, dan bila alumni ini dapat bekerja setelah tamat sekolah tentunya dapat menjadi partisipasi angkatan kerja.

Budi Iswan juga menegaskan, agar pihak sekolah terus berkomunikasi dan membuat laporan ke Disnaker terkait alumni yang sudah bekerja di perusahaan baik di dalam daerah maupun luar daerah.

Disisi lainnya ,Setelah penyerahan Surat Tanda Daftar khusus (BKK) diserahkan kegiatan dilanjutkan oleh humas BKK SMKS 2 Dwi tunggal tanjung Morawa Irwan Syahputra,S.Kom ,dengan memberikan pemaparan akan ada nya kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan di sekolah.

Irwan menyebutkan bahwa SMKS 2 Dwi Tunggal memiliki Workshop teknik rekayasa industri yang meliputi pembubutan, pengelasan dan kelistrikan.

Ia menambahkan, terkait produk - produk yang sudah di buat yang mana ini semua adalah hasil karya anak-anak didik SMKS 2 Dwi Tunggal Tanjung Morawa salah satunya membuat meja piket dan meja meeting, saat ini sudah menerima pesanan dari luar.

"Anak-anak didik saat ini tengah memproduksi mesin pencacah sampah plastik yang diperkirakan di bulan Oktober atau November sudah rampung pekerjaannya dan kemudian produk ini akan dipasarkan ke UMKM yang ada di Tanjung Morawa maupun luar daerah nantinya," papar Irwan.

Selain itu, Ia juga menjelaskan, Untuk hasil karya Teknik komputer jaringan (TKJ), SMKS 2 Dwi Tunggal juga menyediakan jasa service komputer, service printer, service laptop, service smartphone,pemasangan wifi dan jasa pemasangan CCTV.

Sementara itu, terkait hasil produksi anak didiknya, pihak BKK SMKS 2 Dwi Tunggal mendampingi kepala dinas ketenagakerjaan kabupaten Deli Serdang meninjau tempat produksi meja, mesin pencacah plastik serta tempat produksi parfum yang telah memiliki izin dari BPOM Sumatera Utara.(Rony)

Komentar

Loading...