Cegah Tawuran Pelajar, Polrestabes Medan Rapat Koordinasi Dengan Dinas Pendidikan Sumut

RUBIS.ID, MEDAN - Untuk menyatukan persepsi mencegah terjadinya tawuran antar siswa pelajar atau SMA/SMK sederajat yang ada di Medan. Kali ini Polrestabes Medan gencar rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Sumut) di Grand Antares Hotel Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Sitirejo 1, Kecamatan Medan Kota.

“Tawuran ini semua tindak kriminal ada didalamnya. Ada narkoba, miras dan ada juga pencurian,” papar Kasat Binmas Polrestabes Medan AKBP Efendi Sinaga kepada wartawan, Jumat (2/12/2022.

Karena itu, melalui pertemuan itu, kepada semua pihak, sambungnya, meminta untuk mencari konsep bersama mencegah dan mengurangi tawuran pelajar di wilayah hukum Polrestabes Medan.

Sementara itu, atas saran dalam pembahasan rapat tersebut disepakati yakni,

Akan dibuat pembinaan/sosialisasi sadar hukum langsung oleh Polri yang dalam hal ini agar secepatnya di bentuk posko yang terdiri dari para personil Satpol PP, Dishub, Polri dan TNI.

Petugas Dishub mengatur alur lalu lintas satu arah pada saat jam masuk dan jam pulang sekolah. Di setiap sekolah dibuatkan Parenting School yang melibatkan orang tua, guru dan Polri. Melaksanakan sosialisasi hukum, bahaya narkoba, sex bebas dan peraturan lalu lintas. Agar tidak bersamaan, diatur jam pulang sekolah. Perlu dibuat spanduk tentang Pasal dan UU yang sering dilanggar para siswa sekolah, seperti pasal tentang perkelahian, knalpot blong dan tidak pakai helm.

Sebelum kegiatan proses belajar mengajar, dilaksanakan ibadah sesuai agama masing-masing. Agar dilaksanakan razia kasih sayang pada saat jam belajar yang melibatkan Satpol PP, Polri dan TNI serta perlu dilaksanakan razia tempat kost anak sekolah.

Untuk diketahui, digelarnya rapat koordinasi tersebut guna menindaklanjuti peristiwa perkelahian antara pelajar SMA baru -baru ini di Jalan Kapten Sumarsono Medan.

Adapun tujuan dari rapat koordinasi tersebut, untuk melihat sejauh mana langkah-langkah yang sudah diambil oleh pihak terkait dalam menyikapi kejadian perkelahian antar siswa

Sementara itu, kesimpulan hasil rapat koordinasi tersebut, diantaranya disepakati agar semua pihak sama – sama ikut serta dalam upaya pencegahan tawuran anak sekolah.

Salain itu, dengan maksud sebagai bahan masukan Polri kepada Dinas Pendidikan untuk mengambil langkah – langkah ke depan demi menyelamatkan generasi penerus bangsa.

Selain. Itu, pelaksanaan kegiatan koordinasi Kasat Binmas dengan Kadis Pendidikan Provsu Bpk Dr, H Asren Nasution, MA antara lain.

A. Memberikan saran

masukan tentang

beberapa hasil hasil giat

Sat Bimmas mencegah

Tawuran pelajar

dibeberapa SMA di Kota

Medan

B. Kasat Binmas menerima

petunjuk dan saran dari

Kadis Pendidikan Provsu

Bpk Dr, H. Asren Nasution MA.

Sebagai pembina SMA/

SMK Provinsi Sumut

C. Dalam Koordinasi juga

turut hadir Dan Ramil 04

Medan Kota Mayor Arh.

M. Rizal, S.Sos, dan

Sekretaris Diddik Provinsi

Sumut

Di tempat yang sama Kadis Pendidikan Provsu sangat mengapresiasi dan mendukung langkah Polri/ Polrestabes Medan mencegah aksi tawuran antar Pelajar. "Kegiatan berjalan lancar dan tertib, " tandasnya.(IL/red)

Sumber : Pewarta

Komentar

Loading...