Pengguna Baru QRIS di Sumut Tercatat Terus Meningkat

RUBIS.ID, MEDAN - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan tambahan pengguna baru sistem pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di wilayah Sumut sebanyak 900 ribu pada tahun 2023. Selain target penambahan pengguna baru, KPw BI Sumut juga ditugasi BI Pusat untuk menambah volume transaksi QRIS sebanyak 25,4 juta transaksi.

Selain itu, Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara terus memperluas implementasi Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) di Sumut. Jumlah merchant maupun pengguna baru QRIS di Sumut pun tercatat terus meningkat.

"Tercatat hingga 13 Januari 2023, jumlah merchant QRIS di Sumut tercatat telah mencapai 944 ribu merchant atau tumbuh 31% (yoy), dengan proporsi terbesar pada segmen mikro (64,52%)," ungkap Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi, saat menggelar Bincang Bareng Media (BBM) Bulanan, yang di ikuti secara offline maupun online oleh awak media, Selasa (28/02/2023).

Untuk Sumut lanjutnya, kita targetkan penambahan pengguna baru QRIS tahun ini sebanyak 899.736 pengguna dengan target volume transaksi sekitar 25,4 juta transaksi.

Doddy menyebutkan secara rinci, jumlah merchant QRIS tertinggi berada di Kota Medan dengan total merchant yang mencapai 445 ribu (47 persen dari total merchant).

Disamping itu juga, dari sisi pengguna, hingga Desember 2022 telah terdapat 1,02 juta tambahan pengguna baru QRIS di Sumut atau 103,79 persen dari target.

Doddy mengungkapkan, BI Sumut berharap target tersebut dapat tercapai seperti tahun 2022 yang capaiannya melebihi target.(IL)

Komentar

Loading...