Program Pemberdayaan KB & Penurunan Stunting Butuh Dukungan Serta Komitmen Bersama

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan menghadiri Pencanangan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Keluarga Berencana (KB)-Kesehatan dan Temu Kader Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023 serta Pelantikan Duta Generasi Berencana (GenRe) di Budaya Resto, Jalan Medan-Pematang Siantar, Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, Senin (13/3/2023).

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan harapan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang bisa bekerjasama dan kolaborasi, serta menjalin sinergitas dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), khususnya perwakilan Sumatera Utara. Hal ini agar semakin meningkatkan dan memastikan berbagai program yang ada bisa berjalan baik di Deli Serdang.

Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), kata Bupati, memiliki arti penting dan strategis dalam upaya membangun sumber daya manusia (SDM) dengan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan ketahanan keluarga.

"Melihat betapa pentingnya pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana, maka tidak ada pilihan selain mengembangkan Program KB secara berkesinambungan di tengah kehidupan masyarakat. Kita harus meyakini, melalui dukungan dan komitmen bersama, Program Pemberdayaan KB akan berhasil sesuai program yang sudah dicanangkan selama ini," tegas Bupati.

"Sesuai tema Pencanangan IBI-KB Kesehatan 2023, melalui momentum bakti sosial IBI KB-Kesehatan, kita perkuat para bidan dalam pencapaian keikutsertaan ber-KB dan percepatan penurunan stunting menjadi parameter untuk lebih proaktif meningkatkan pelayanan KB kepada masyarakat, sehingga laju pertumbuhan penduduk bisa dikendalikan," sambung Bupati.

Selain itu, dalam percepatan penurunan stunting sebagai program prioritas nasional yang melibatkan lintas sektor, di Pemkab Deli Serdang harus lebih efektif, emergency dan terintegrasi dalam penurunan stunting.

Di mana, lanjut Bupati lagi, pemerintah selaku Tim Percepatan Penurunan Stunting bertanggungjawab dalam mengoordinasikan, menyinergikan dan mengevaluasi dalam menekan angka stunting.

Diharapkan, kerjasama para kader dan masyarakat sebagai pilar utama dan garis pertahanan terdepan dalam mencegah dan menurunkan angka stunting dapat menurunkan lebih rendah lagi dari angka capaian saat ini sebesar 13,9 persen.

"Sebesar 13,9 persen ini secara angka termasuk tiga terkecil di Provinsi Sumatera Utara. Tapi kalau dikalikan dengan jumlah penduduk Deli Serdang, maka layak harus prihatin dan berharap dengan kerjasama yang serius, angka ini bisa diturunkan," pungkas Bupati.

Kepada para Duta Generasi Berencana yang dilantik, Bupati meminta agar melakukan program kerja yang dapat membantu upaya penurunan stunting melalui berbagai aksi nyata dengan langsung turun ke masyarakat sampai tingkat desa serta terus mendukung program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana serta penurunan stunting di Kabupaten Deli Serdang.

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Deli Serdang, Dr Dra Hj Miska Gewasari MM menyampaikan tujuan kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun kesamaan persepsi berbagai Program Bangga Kencana di Kabupaten Deli Serdang, khususnya peningkatan dan pencapaian akseptor KB dan perluasan akses, identifikasi pelayanan KB di fasilitias pelayanan serta peran aktif kader dalam meningkatkan keberhasilan Program KB di Kabupaten Deli Serdang.

"Kegiatan Pencanangnan IBI KB-Kesehatan diikuti 370 peserta terdiri dari BKKBN Provinsi dan RI, Kepala Puskesmas se-Deli Serdang, Bidan Koordinator se-Deli Serdang, Ikatan Bidan Indonesia Deli Serdang, Koordinator Kecamatan, Pegawai Dinas P3AP2KB, dan lainnya," rinci Kadis.

Terkait Program Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting, kata Kadis lagi, pihaknya sudah menggalang kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Deli Serdang untuk dapat menjangkau donatur-donatur.

"Melalui kegiatan ini, saya ingin mengajak siapa saja yang berkeinginan dengan komitmen bersama membangun Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera. Mari mengambil bagian menjadi Bunda dan Bapak Asuh Anak Stunting Kabupaten Deli Serdang, demi percepatan penurunan stunting di Deli Serdang," tutur Kadis.

Sementara itu, Kepala BKKBN Sumatera Utara, Irzal SE ME mengemukakan dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara, hanya Kabupaten Deli Serdang yang menindaklanjuti pencanangan tingkat nasional.

Hadir di acara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang, Ny. Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny. Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar; Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny. Hj. Boya Yanti Timur Tumanggor; Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IpeKB), Dewi Susianti SKM; Ketua Baznas Deli Serdang, H Surya Putra; para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD); perwakilan Palang Merah Indonesia (PMI) Deli Serdang; anggota DPRD Deli Serdang, Hj Sa'adah Lubis dan Ismayadi; Camat Pagar Merbau, H Ibnu Hajar SSos SPd; Camat Tanjung Morawa, Ismail SSTP MSP; Camat Lubuk Pakam, Drs Syahdin Setia Budi Pane; Camat Pantai Labu, Rahmat Azahar Siregar SSTP; dan lainnya.(IL/Rel)

Komentar

Loading...