MTQ ke-56 Tingkat Deli Serdang Resmi Ditutup, Kontingen Tanjung Morawa Raih Juara Umum

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke- 56 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023 di Lapangan Sepakbola Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, resmi berakhir.

Penutupan dilakukan Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan ditandai dengan pemukulan bedug dan penurunan bendera MTQ serta penyerahan piala kepada Kontingen Tanjung Morawa yang menjadi juara umum serta juara 1 stand pameran serta juara 1 Pawai Ta'aruf yang diraih Kecamatan Pagar Merbau.


"Ada rasa bangga yang harus saya ungkapkan, di setiap acara keagamaan yang kita selenggarakan, termasuk pelaksanaan MTQ ini terdapat peningkatan religiusitas sebagai masyarakat Deli Serdang. Dibuktikan dengan semangat kebersamaan yang ditunjukkan dalam bentuk antusiasme kehadiran seluruh elemen masyarakat untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ ini," ungkap Bupati.

Mewujudkan Deli Serdang yang religius, tegas Bupati, membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berakhlak mulia.


Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang terus berupaya untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dengan pelaksanaan MTQ.

Pada acara yang telah berlangsung selama lima hari, sejak Selasa (14/3/2023) hingga Sabtu (18/3/2023) itu, Bupati berharap, penyelenggaraan MTQ tidak hanya sekedar ajang mengukir prestasi, tapi juga bisa menumbuhkan kesadaran spiritual masyarakat tentang pentingnya ajaran Al Qur'an sebagai dasar pembangunan kepribadian umat Muslim dan menjadi nilai tambah untuk mempererat kebersamaan dalam menyongsong pembangunan umat yang berkarakter Qur'ani, damai dan harmoni menuju Deli Serdang yang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan.


Bupati pun memberi apresiasi kepada para qori dan qoriah yang telah mengukir prestasi pada ajang MTQ tersebut. "Saya berpesan, jangan cepat berpuas diri, tapi lakukanlah langkah-langkah dalam meningkatkan kemampuan dan terus berlatih mempersiapkan diri untuk MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan dilangsungkan dalam waktu yang tidak berapa lama lagi. Bagi yang belum berhasil, jangan pula berkecil hati. Masih banyak kesempatan lainnya. Jadikan hasil yang diperoleh ini sebagai evaluasi untuk berbenah dan mempersiapkan diri pada ajang perlombaan lainnya," pesan Bupati.

Selain itu, Bupati juga memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat, panitia pelaksana, pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), dewan hakim dan pengawas, camat beserta Muspika, kepala desa se-Kecamatan Percut Sei Tuan, TNI/Polri, Tim Penggerak PKK dan seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan MTQ tersebut, sehingga berjalan lancar, aman dan meriah.


"Semoga segala yang sudah diberikan menjadi amal ibadah yang diterima di sisi Allah SWT. Tidak terasa beberapa hari ke depan akan memasuki bulan suci Ramadan, izinkan saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa," tutup Bupatim

Hadir pada penutupan MTQ ke-56 tersebut, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang, Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Bupati, HM Ali Yusuf Siregar beserta Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni Ali Yusuf Siregar; Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Shahri SH; Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP bersama Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny Hj Boya Yanti Timur Tumanggor; anggota DPRD Deli Serdang, Dra Wastianna Harahap, H Syaiful Tanjung SSos, Darwis MPdI, H Rahmadsyah SH, Drs H Abdul Rahman MPd; unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang, Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam, Drs H Juwaini SH MH; Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, KH Amir Panatagama SPdI; Buya Assoc Prof DR KH Amiruddin MS, pimpinan organisasi perangkat daerah, camat beserta Muspika se-Deli Serdang, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang, H Surya Putra; Ketua LPTQ Deli Serdang, Dr Sugeng Wanto; Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang, Drs Abdul Haris Harahap MAP; Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), H Waluyo dan lainnya.(IL/rel)

Komentar

Loading...