Dirjen Ketenagalistrikan dan GM PLN UID Sumut Tinjau SPKLU PLN Binjai

RUBIS.ID, BINJAI – Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P Hutajulu meninjau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) UP3 PLN Binjai, Selasa (18/04/2023) sore.

Sebelumnya terlebih dahulu General Manager Unit Induk Distribusi Sumatera Utara (UID Sumut), Awalluddin Hafid, Dirjen Ketenagalistrikan, Jisman P Hutajulu dan Anggota Komisi VII DPR RI, Hendrik Sitompul meninjau kesiapan PLN menyambut Idul Fitri 1444 H di PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara dan PLN UPDK Belawan.

Di UP3 PLN Binjai, Jisman P Hutajulu langsung melihat SPKLU dan kendaraan listrik roda dua maupun empat. Selama melakukan peninjauan, Jisman P Hutajulu mendapat penjelasan terkait teknis pengisian daya kendaraan listrik oleh Andi Arianto, selaku Asisten Manajer Bidang Niaga dan Pemasaran UP3 PLN Binjai.

Usai melihat SPKLU dan mengetahui tentang pengisian daya mobil listrik di SPKLU, Jisman P Hutajulu kepada wartawan mengatakan, tujuannya meninjau SPKLU di Sumut khususnya Kota Binjai, untuk memastikan kesiapan mudik Idul Fitri. Karena diketahui, lanjut Jisman P Hutajulu, para pemudik di Sumut saat ini tidak hanya menggunakan kendaraan fosil atau BBM, namun sebagian diantaranya juga sudah ada yang memakai kendaraan baterai EV atau tenaga listrik.

Jisman P Hutajulu berharap, dengan upaya pemerintah yang memberikan izin pendirian secara cepat, keberadaan SPKLU dapat dibangun lebih banyak. “Kita terus mendorong SPKLU dibangun lebih dahulu. Dengan tumbuhnya SPKLU, diharapkan tidak ada lagi keraguan di kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Jisman menambahkan, saat ini BBM sudah net import dan kendaraan listrik menjadi solusi mengurangi import bahan bakar tersebut. “Target pembangunan SPKLU secara nasional sudah pasti ada. Tapi intinya, kita permudah semua urusan perizinannya agar siapa saja yang berkenan mendirikan SPKLU tidak ada kesulitan. Dengan begitu, ke depannya semakin banyak kota-kota besar menggunakan kendaraan listrik,” paparnya.

Awaluddin Hafid, General Manager PLN UID Sumut turut menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik untuk mendukung Net Zero Emission di Tahun 2060.

“Ayo segera beralih menggunakan kendaraan listrik. Kami siap menambah SPKLU dimana saja sehingga para pemilik kendaraan listrik nantinya tidak kesusahan ketika akan melakukan pengisian baterai kapan saja dan dimana saja”, jelas Awaluddin. Selain SPKLU, PLN juga telah menyiapkan aplikasi PLN Mobile yang telah menyediakan fitur Electric Vehicle yang nantinya digunakan saat pemilik kendaraan akan melakukan pengisian baterai kendaraan listriknya. Dengan adanya PLN Mobile semua layanan dapat diakses dalam satu genggaman saja. (IL/rel)

Komentar

Loading...