IDX Mobile, Informasi Pasar Modal Lewat Satu Jari

RUBIS.ID, JAKARTA – Bersamaan dengan hari lahir Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dihitung sejak swastanisasi bursa pada 31 tahun lalu, diluncurkan aplikasi anyar IDX Mobile oleh BEI. Sebagai fasilitator perdagangan efek di pasar modal Indonesia, BEI senantiasa berupaya meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal Indonesia.

Salah satu upayanya, dengan mengembangkan IDX Mobile sehingga publik dengan mudah memiliki sumber informasi pasar modal Indonesia yang real-time, akurat, serta dapat diandalkan. Informasi pasar modal dalam bentuk mobile application bernama IDX Mobile menyediakan data real-time, seperti harga saham, indeks, berita perusahaan tercatat, laporan keuangan, komoditas, dan lainnya.

Sehingga cukup dengan menggunakan satu jari, dimanapun, kapanpun, setiap orang dapat megakses beragam fitur IDX Mobile. Hanya bermodalkan gadget yang kemana-mana selalu dibawa dan paket atau jaringan wifi yang tersedia. Salah satu yang menarik adalah fitur Virtual Trading untuk simulasi kegiatan transaksi jual-beli saham. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pengalaman praktis transaksi secara real-time tanpa mendapatkan risiko finansial. Masyarakat umum serta investor bisa mendapatkan IDX Mobile melalui App Store, maupun Play Store.

IDX Mobile bertujuan untuk memenuhi kebutuhan publik sekaligus memberikan kemudahan bagi investor dalam mengakses dan memanfaatkan informasi serta data pasar modal. “Kami harap IDX Mobile tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal Indonesia, tetapi juga memperluas pemanfaatan informasi pasar modal untuk seluruh masyarakat, baik domestik maupun mancanegara”, ujar Direktur Utama BEI Iman Rachman pada peluncuran IDX Mobile pada pertengahan Juli 2023. Ke depannya, IDX Mobile diharap dapat menjembatani kebutuhan publik akan informasi saham. Informasi inilah yang diharap bisa berguna bagi investor kedepannya.

Saat acara peluncuran, Direktur BEI Irvan Susandy memperkenalkan fitur IDX Mobile yang tentu saja sangat bermanfaat dan menarik baik bagi masyarakat awam maupun para pelaku pasar modal. Lalu digelar pula kegiatan Fun Financial Talk dengan tema Elevate your Investment Lifestyle with IDX Mobile untuk peserta.
Agar bisa mengaktifkan IDX Mobile, setelah menginstall IDX Mobile, buatlah akun IDX Mobile dengan klik "sign up" dan mengisi data diri. Lalu lakukan verifikasi email dan log in ke aplikasi IDX Mobile menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Bila berhasil masuk, Anda sudah bisa mengakses fitur-fitur yang tersedia di aplikasi IDX Mobile.
Menu Home pada IDX Mobile menyajikan ringkasan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada hari tersebut, dengan dilengkapi fitur seperti seperti Grafik IHSG, Data OHLC, Index Diary 30 hari kebelakang, dan terdapat juga ringkasan Index Performance dan Index Low-High Range yang dapat memperihatkan pertumbuhan IHSG dari 5 tahun kebelakang.
Setelah itu, pada IDX Mobile terdapat Menu Market yang berisi informasi real-time pergerakan saham, indeks, currency, commodity, dan informasi lainnya terkait perusahaan. Pada Menu Market terdapat fitur Stock Heatmap yang menggambarkan visualisasi kinerja saham dalam suatu sektor atau indeks untuk memudahkan analisis.

Selain itu, fitur Commodity & Currency yang menginformasikan berbagai informasi commodity dan currency yang diperjualbelikan. Lalu fitur Running Trade yang berisi informasi pergerakan saham secara real time yang akan sangat membantu jika melakukan transaksi jual beli saham dengan cepat sesuai kondisi pasar terkini. Fitur Corporate Action berisi informasi terkini aksi korporasi perusahaan tercatat, sehingga dapat menjadi pertimbangan investor untuk memilih saham yang ingin diinvestasikan.

Ke depannya, IDX Mobile diharap dapat menjembatani kebutuhan publik akan informasi saham. Informasi inilah yang diharap bisa berguna bagi investor kedepannya. BEI menargetkan lebih dari 300.000 user baru untuk IDX Mobile pada tahun 2023. Saat ini, aplikasi IDX Mobile sudah diunduh lebih dari 31.000 kali di App Store dan Play Store.(Arie/rel)

Komentar

Loading...