Omzet UMKM Beranda Kreatif Medan Capai Rp 742 Juta

RUBIS.ID, MEDAN – Inovasi Wali Kota Medan, Bobby Nasution menjadikan halaman depan kantornya sebagai destinasi wisata bernama Beranda Kreatif Medan mulai menunjukkan hasil.

Perhelatan yang berlangsung setiap Sabtu sore hingga malam itu memberikan penghasilan tambahan bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang membuka stand di sana. Periode Mei 2022 – 19 Agustus 2023, omzet mereka mencapai Rp742 juta. Data yang diperoleh Dinas Pariwisata Medan kemarin menunjukkan, periode 4 Mei – 10 Desember 2022 omzet pelaku UMKM yang menjual produk kuliner, fashion,dan kerajinan tangan mencapai 485 juta, sedangkan periode 11 Maret – 19 Agustus 2023 mencapai Rp257 juta.

Dalam data itu dirincikan, pada Mei 2022 omzet pelaku UMKM di ajang yang disemarakkan panggung seni budaya ini mencapai Rp 49 juta, Juni Rp 54 juta, Juli Rp 95juta, Agustus Rp 94 juta, September 88 juta, Oktober Rp 46 juta, November Rp 33 juta, dan Desember Rp 27 juta.

Pada Maret 2023 omzet pelaku UMKM di ajang destinasi wisata baru Medan itu mencapai Rp35 juta, Mei Rp 18 juta, Juni Rp 64 juta, Juli Rp 83 juta, dan Agustus Rp 56 juta. Di dalam setiap kegiatan yang diperkirakan ramai dikunjungi warga, Bobby Nasution selalu menyediakan ruang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya, termasuk di Beranda Kreatif ini.

Sesuai perkiraan, setiap pelaksanaan ajang ini selalu ramai pengunjung. Ramainya pengunjung karena setiap pelaksanaan Dinas Pariwisata berkolaborasi dengan perangkat daerah lainnya di lingkungan Pemko Medan menghadirkan berbagai penampilan yang cukup menghibur. Berbagai gelaran menyemarakkan panggung Beranda Kreatif, mulai musik, tari, sastra, teater, dan rupa.

Tidak hanya modern, kesenian tradisional dari beragama etnik ada di ibu kota Sumut ini juga yang ditampilkan, Selain penampilan kesenian dan budaya, Beranda Kreatif ini kerap menggelar berbagai perlombaan menarik. Mulai dari fashion untuk anak, remaja, bahkan pejabat di lingkungan Pemko Medan, tari kreasi baru, menyanyi, juga lomba mewarnai.

Kemasan berbagai acara ini membuat warga antusias menyaksikan ajang tersebut. Ajang ini menjadi salah satu alternatif kunjungan warga di akhir pekan. Salah seorang warga Kecamatan Medan Barat, Purnama, mengungkapkan, tidak jarang dirinya berkunjung ke Beranda Kreatif Medan pada akhir pekan malam.

“Di Beranda Kreatif Medan kita bisa menikmati suguhan kesenian dan kebudayan sembari menikmati berbagai kuliner. Kalau mau belanja baju ada juga. Suasananya pun enak dan nyaman,” ungkapnya. (IL/rel)

Komentar

Loading...