Bareng Puluhan Wartawan, OJK Reg 5 Sumbagut Gelar “Media Summit 2023” Tingkatkan Literasi Keuangan di Simalem Resort

RUBIS.ID, KARO - Selain gencar melakukan literasi dan edukasi keuangan ke berbagai sektor baik siswa sekolah, mahasiswa, guru-guru dan instansi pemerintah lainnya, OJK juga mengajak insan pers ikut mengedukasi masyarakat serta menyebarkan literasi keuangan melalui pemberitaan.

Hal itu dipaparkan Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (OJak KR5 Sumbagut) Bambang Mukti Riadi pada agenda Media Summit 2023 di Simalem Resort, Jalan Raya Merek No.KM. 9, Kodon-Kodon, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu - Selasa 17-19 Agustus 2023.

Kegiatan yang diikuti sekitar 40 orang wartawan ekonomi bisnis ini juga menghadirkan tiga orang narasumber yang akan memberikan materi dan ulasan mengenai perkembangan ekonomi Sumatera Utara dan literasi keuangan kepada peserta wartawan.

Sebagai pemateri di hari kedua nantinya akan diisi oleh Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 2 dan Perizinan OJK Kantor Regional 5 Sumbagut Anton Purba. Kemudian, Yustianus Dapot selaku Pengawasan Bidang Pembiayaan dan Model Fentura. Lalu pemateri lainnya yakni, Anwar Sadat Siregar, dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sumut.

Pada acara pembuka, Kepala OJK KR5 Sumbagut, Bambang Mukti Riadi menyatakan bahwa inti Summit 2023 yang digelar ini adalah untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat pada kemajuan digitalisasi.

"Intinya adalah bangaiman kita (OJK) mampu meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat. Dan untuk komoditas di Sumut juga jangan terfokus dari komoditas Sawit saja, tapi juga ramah lingkungan, jadi kita semakin terdorong perekonomian Sumut semakin kuat," ujar Bambang.

Sementara untuk mengulas itu semua, di hari kedua akan di isi oleh pemateri yang juga akan menyajikan mengenai Pinjaman Online (Pinjm) Ilegal, penanganan trasformasi digital, hinga pengawasan mengenai pembiayaannya. "Jadi, tantangan di Sumut ini semakin besar untuk literasi," sebutnya.

Untuk menjawab tantangan itu, kata Bambang, haruslah dengan kolaborasi. "Tantangan itu harus kami jawab dengan kerjasama," terang Bambang Mukti Riadi.

Disamping itu Bambang juga menegaskan bahwa yang paling penting adalah menjalin kolaborasi dengan stakeholder, pemerintah daerah dan seluruhnya. "Saya juga berharap mendapatkan dukungan teman-teman media," tegasnya.

"Dan siapapun nanti setelah saya, harus melakukan jalan-jalan ke daerah, ketemu dengan kepala-kepala daerah untuk bicara mengenai Literasi dan akses keuangan dan pengembangan ekonomi," pungkas Bambang mengakhiri. (IL)

Komentar

Loading...