Apel Besar Hari Pramuka ke-62, Bupati Terima Lencana Cikal Emas

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan yang juga Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Deli Serdang dianugerahi Lencana Cikal Emas oleh Keluarga Besar Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Deli Serdang.

Lencana Cikal Emas tersebut disematkan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang sekaligus Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar, pada Apel Besar Hari Pramuka ke-62 Tingkat Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang Tahun 2023 di Alun-Alun Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sabtu sore (23/9/2023).

Lencana Cikal Emas yang dianugerahkan kepada Bupati tersebut sebagai bentuk terima kasih atas jasa yang diberikan dalam pengembangan dan pembinaan Gerakan Pramuka di Deli Serdang.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Melati dan Darma Bakti dari Ketua Kwartir Nasional (Ka Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso) yang dilakukan Bupati kepada Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar; Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Effendi Capah; Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, H Khairum Rijal ST MAP; Waka Bina Muda Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang, Yakub Madaranto dan Andalan Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang, Imrah Wahyuni SPd.

Untuk Lencana Darma Bakti diberikan kepada Kepala BKPSDM, Drs M Abduh Rizali Siregar dan Yusrizal Rangkuti SPd.

Selanjutnya Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Panca Warsa dari Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumatera Utara, H Nurdin Lubis SH MM, antara lain Panca Warsa II kepada Fransiska Yuli Anggraini, Panca Warsa III kepada Camat Labuhan Deli, M Dhani Mulyawan SSos MIP dan Panca Warsa IV kepada Faisal Tanjung.

Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada Kwartir Ranting (kwarran) Tergiat dengan Kategori Tertib Administrasi kepada Kwarran Percut Sei Tuan; Kategori Prestasi kepada Kwarran Lubuk Pakam; Kategori Partisipasi kepada Kwarran Tanjung Morawa dan Kategori Media Sosial kepada Kwarran Hamparan Perak, dan penghargaan dari Kwarcab Deli Serdang kepada Pramuka Garuda golongan Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Bupati yang bertindak sebagai inspektur upacara (irup), dalam pidatonya berharap dengan bertambahnya usia, Gerakan Pramuka semakin memperkokoh semangat untuk berkarya, sesuai perwujudan nama Pramuka, yakni dari kata Praja Muda Karana yang artinya sekumpulan anak-anak muda suka berkarya.

"Kwartir Cabang Pramuka Deli Serdang adalah rumah kita yang dirancang sebagai tempat pendidikan bagi generasi muda, yang hadir, diterima dan dikenal seluruh lapisan masyarakat lewat berbagai Satuan Karya Pramuka (Saka), antara lain Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi dan berbagai Saka Pramuka lainnya," ucap Bupati.

"Inilah mengapa generasi muda Deli Serdang yang aktif dalam Kepramukaan, mendapat posisi sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena anggota Pramuka merupakan generasi unggul, hebat, kreatif dan petarung," sambung Bupati.

Oleh karena itu, melalui momen Hari Pramuka ke-62 ini, Bupati mengajak seluruh anggota Pramuka di Deli Serdang untuk meningkatkan produktivitas serta kreativitas yang menjadi sukma dari Gerakan Pramuka.

"Tunjukkan generasi yang ditumbuhkan dari Pramuka di seluruh tingkatan maupun usia adalah generasi tangguh dan berdaya saing. Jadilah patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga kebhinnekaan demi kejayaan Kabupaten Deli Serdang sebagaimana tema Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Pramuka, Sumber Daya Manusia Yang Profesional dan Proporsional," tutup Bupati pada apel yang dirangkai dengan penandatanganan Prasasti Taman Cadika Lubuk Pakam dan pemberian santunan kepada anak yatim dan piatu (anggota Pramuka di Kwarcab Deli Serdang sebanyak 100 orang) tersebut.

Turut hadir di kegiatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan; Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny Hj Boya Timur Tumanggor; perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang; para Pengurus Mabicab dan Kwarcab, Ketua Mabiran dan Kwarran, Ketua Mabigus dan Pembina Pramuka sejajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang, dan lainnya.(IL/rel)

Komentar

Loading...