BEI Publikasi Informasi Pencatatan Perdana Emiten

RUBIS.ID, JAKARTA – Untuk membantu investor dalam menentukan keputusan investasi, Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan publikasi statistik baru bernama IDX New Listing Information.

“Data yang tersaji lebih akurat, terpercaya, terstandar, menyeluruh sehingga dapat mengurangi risiko kerugian investasi dan menjadikan pemodal lebih efisien dalam menganalisis sebuah penawaran umum saham perdana, ” terang Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), M Pintor Nasution dalam siaran persnya yang diterima awak media ini, Jumat (22/09/2023).

Untuk memutuskan berinvestasi di sebuah perusahaan tentunya investor, pelaku pasar, dan pemangku kepentingan (stakeholders) membutuhkan data dan informasi yang komprehensif atas pencatatan perdana saham perusahaan tercatat di bursa.

Menyadari kebutuhan tersebut, BEI pada, Rabu (20/09/2023) kemarin meluncurkan IDX New Listing Information yaitu publikasi statistik BEI yang berisi kumpulan informasi dan data terkait pencatatan perdana dari calon perusahaan tercatat di BEI.

“Sejalan dengan misi BEI untuk berkontribusi dalam memperluas pemanfaatan informasi pasar modal bagi seluruh masyarakat dan meningkatkan inklusi serta literasi pasar modal Indonesia, peluncuran publikasi statistik BEI ini bertujuan agar data dan informasi yang disediakan terstandardisasi untuk mendukung integrasi sistem basis data, lebih mudah dimengerti sekaligus user friendly, “paparnya.

Selain itu ketersediaan data yang baik dapat memberikan pemahaman yang baik sehingga diharapkan mengurangi risiko kerugian investasi. Ketersediaan data dan informasi selanjutnya akan digunakan untuk menentukan keputusan investasi, analisa dan penelitian, memberikan rekomendasi, mendukung ketersediaan, transparansi dan akses yang lebih luas atas data pasar modal Indonesia.

Dengan publikasi statistik baru BEI ini investor akan dapat lebih ringkas untuk melihat poin penting perusahaan tercatat saat IPO dari informasi yang dituangkan oleh calon emiten pada prospektus.

Cakupan Data & Informasi

Informasi-informasi yang terdapat dalam IDX New Listing Information terbilang komprehensif mencakup antara lain profil perusahaan, pencatatan saham perdana (IPO dan stock listing), tata kelola perusahaan, papan pencatatan dan klasifikasi industri, pencatatan waran, rencana penggunaan dana, lembaga profesi penunjang, data laporan keuangan, informasi segmen usaha, informasi lain dan informasi pemegang saham.

Selain itu masih dibilamgnya lagi, BEI juga menambahkan beberapa informasi lain yang dibutuhkan pemodal yaitu rasio oversubscription, jumlah pencatatan dalam, setahun, anggota indeks ISSI, cost of fund, kategori rencana penggunaan dana IPO, ringkasan laporan, keuangan dan pemegang saham terbaru, kinerja keuangan dalam bentuk grafik (aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, laba/rugi), rasio keuangan, jumlah karyawan dan diagram komposisi pemegang saham. (Arie/rel)

Komentar

Loading...