Koorlantas Polri dan Jasa Raharja: Menjadikan Keselamatan Lalu Lintas Sebuah Prioritas

RUBIS.ID, MEDAN - Melalui program Kampus Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Universitas Sumatera Utara siap mengambil peran sebagai pionir dalam keselamatan berlalu lintas.

Kegiatan yang dihadiri lebih 250 mahasiswa baik dari Universitas Panca Budi dan USU ini digelar langsung di Gedung Auditorium USU, Rabu 27 September 2023.

Dalam program ini, USU terpilih menjadi perguruan tinggi pertama di Sumatera Utara (Sumut) sebagai kampus pelopor keselamatan berlalu lintas.

Sebelumnya, program kolaborasi dari Jasa Raharja dan Korlantas Polri ini telah mengunjungi beberapa perguruan tinggi di wilayah Bali, Kota Balikpapan, dan Kota Samarinda.

Program kunjungan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada mahasiswa agar selalu tertib dan mengutamakan keselamatan saat berlalu lintas.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa juga melakukan Deklarasi Kampus Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas sebagai komitmen bersama dalam menjalankan kampanye keselamatan.

Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja, Munadi Herlambang menuturkan tujuan diadakannya program tersebut yakni untuk mengedukasi dan memotivasi mahasiswa agar menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan raya.
Ia menjelaskan alasannya menggandeng anak-anak muda dalam kepeloporan keselamatan berlalu lintas.

Termasuk, digandengnya kampus-kampus sebagai ujung tombak agar sosialisasi keselamatan berlalu lintas semakin massif di kalangan anak-anak muda.

Dari data yang dimilikinya, Munadi menyebut kecelakaan lalu lintas lebih banyak dialami oleh anak-anak muda yang masih duduk di bangku kuliah maupun SMA.

“Dari data yang kami miliki, kecelakaan lalu lintas lebih banyak didominasi oleh kalangan anak-anak muda. Itulah pentingnya sosialisasi keselamatan berkendara ini melibatkan mereka,” kata Munadi.

Dalam hal membangun kesadaran masyarakat agar tertib berkendara dan menjaga keselamatan di jalan raya, mahasiswa memiliki pengetahuan yang sangat mumpuni.

“Mahasiswa menjadi tolok ukur dalam membangun kesadaran masyarakat untuk tertib menjaga keselamatan di jalan raya. Mahasiswa memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal tersebut,” ujar Munadi.

Munadi pun mengajak kepada kampus dan mahasiswa untuk terlibat aktif melakukan riset dan teknologi dalam membangun kesadaran masyarakat agar keselamatan berkendara dapat tercipta.

“Mahasiswa ini melek pengetahuan dan teknologi. Kami berharap pihak kampus dan mahasiswa dapat ikut ambil bagian tak hanya sekadar melakukan sosialisasi, tapi juga dengan ilmu pengetahuan mereka mampu menciptakan perangkat untuk membangun kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas,” harap Munadi.

Sementara itu, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen. Pol. Ery Nursatari menjelaskan program hasil kolaborasi antara Korlantas Polri dan Jasa Raharja ini tak hanya terbatas pada tingkat kampus.

Ke depan kegiatan ini juga merambah hingga tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) dengan upaya sosialisasi dan edukasi yang komprehensif. “Pelaksanaannya juga tentu tidak hanya di Medan, melainkan juga di seluruh daerah di Indonesia,” ujar Ery. (IL)

Komentar

Loading...