Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Polres Binjai Gelar Upacara

RUBIS.ID, BINJAI - Tanggal 1 Oktober merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, momen mengenang apa yang telah dilakukan oleh gerakan 30 September 1965 terhadap bangsa ini.

Untuk mengenang sejarah tersebut, Polres Binjai Gelar upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober di lapangan apel polres Binjai jalan sultan hasanuddin No.1 Binjai
Minggu, (1/10/2023).

Turut serta dalam kegiatan, Waka Polres Kompol RD Firman SH MH dan para PJU para kapolsek sejajaran. Dilanjutkan pembacaan UUD 1945 Kabagren Kompol Misrianto S.Sos, M.H., dan pembaca ikrar Kabag Ops Kompol Polin Benhod Damanik.

Adapun tema dalam Peringatan Kesaktian Pancasila yang diperingati tanggal 1 Oktober tahun 2023 yakni (Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global).

Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen SIK dalam sambutannya membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang di dalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa(YME) untuk Bangsa Indonesia.

Presiden di dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing jalan bagi masyarakat Republik Indonesia.

Kita gelar upacara setiap tahunnya untuk memperingati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia sekaligus dasar Negara yang diterangkan dalam Pembukaan UUD 1945.

Momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, (Indonesia untuk kita semua, dan Pancasila adalah rumah kita).

Sebagai anggota Polri tentunya kita juga harus menghayati Pancasila, tutup.(HND)

Komentar

Loading...