Pengurus PKP-RI DKI Studi Banding ke Deli Serdang

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menyambut baik Kunjungan Studi Banding Pusat Koperasi Pegawai RI (PKP-RI) Provinsi DKI Jakarta ke Provinsi Sumatera Utara yang dipusatkan di Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (5/10/2023).

Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar di kesempatan itu berharap kehadiran Pengurus PKPRI bisa memberikan semangat dan motivasi serta mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah DKI Jakarta dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

"Semoga dapat bermanfaat guna menambah wawasan, ilmu, pengalaman, khususnya di bidang perkoperasian," harap Wabup kepada 81 rombongan studi banding Pengurus PKP-RI dan Koperasi Tingkat Primer dari kementerian dan pemerintah daerah se-DKI Jakarta tersebut.

Dijelaskan Wabup, di era digitalisasi saat ini sangat mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku kesehatan masyarakat. Hal ini juga berpengaruh pada Koperasi Pegawai yang harus memiliki kesiapan untuk menyikapi tantangan modernisasi tersebut.

Koperasi Pegawai, tegas Wabup, harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang andal untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan modernisasi. Tidak sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, tetapi juga persoalan maindset dan perubahan yang ada dalam sistem tata kelola.

"Untuk itu, saya menyambut baik kedatangan Bapak/Ibu dari Pusat Koperasi Pegawai RI di Kabupaten Deli Serdang. Menurut saya, studi banding ini memiliki makna sangat penting untuk bagaimana pemerintah daerah bisa saling bertukar ilmu dan juga pengalaman tentang bagaimana cara mengelola Koperasi Pegawai yang baik. Bagi saya, Koperasi sudah terbukti mampu bertahan walaupun dengan krisis ekonomi berkepanjangan, dan koperasi juga dipandang mampu menggerakan ekonomi kerakyatan," ucap Wabup.

Diharapkan, melalui studi banding yang dilakukan akan semakin mendorong Koperasi Pegawai untuk terus beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang dinamis, karena insan Koperasi harus mempunyai kompetensi, kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam menata organisasi dan strategi bisnisnya.

Di tempat yang sama, Ketua Gerakan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (GKP-RI) Sumatera Utara, H Zainuddin Mars menerangkan secara umum ada 410 GKP-RI di Provinsi Sumatera Utara yang terdaftar di keanggotaan PKP RI Tingkat Kabupaten/Kota.

"PKP RI Sumatera Utara beranggotakan 15 PKP RI, di bawahnya ada Koperasi Primer. Walaupun di Sumatera Utara ada 34 kabupaten/kota, tetapi yang ada 15. Bahkan, perkembangan PKP RI Kabupaten/Kota di Sumatera Utara sepertinya lambat laun semakin menurun aktivitasnya. Oleh karena itu, perkembangan Gerakan PKP RI kita harapkan berada di tingkat primer dan insyaAllah masih bisa berkembang meskipun tercatat juga Koperasi di tingkat primer di Sumatera Utara ada yang semakin menurun juga aktivitasnya," terangnya.

Mantan Wakil Bupati Deli Serdang ini menambahkan, Kabupaten Deli Serdang adalah daerah dengan tingkat kemiskinan terendah di Indonesia dengan angka 3,62 persen. Fakta ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi di Deli Serdang dalam kondisi baik, ekonomi kerakyatan juga berkembang baik dalam menopang dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan Gerakan PKP RI di Sumatera utara semakin berkembang dan mampu menunjukan jati dirinya sebagai soko guru perekonomian bangsa," harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PKP RI DKI Jakarta, Hj Syahnas Rasyid SE MM mengatakan, studi banding yang dilakukan karena sesuai program PKP RI DKI Jakarta adalah untuk memperkaya wawasan pengurus Koperasi Primer DKI Jakarta bisa mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam menjalankan Koperasi.

"Dengan perkembangan-perkembangan informasi yang didapatkan di lapangan, karena tidak semua di DKI Jakarta mempunyai peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan. Salah satu fungsi Koperasi adalah kerjasama, baik di DKI Jakarta maupun di Sumatera Utara bisa terjalin apabila kita nanti melihat peluang-peluang yang ada di Sumatera Utara," tuturnya.

Hadir pula di pertemuan itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara, Dr Naslindo Sirait SE MM; Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ir Hj Syarifah Alwiah MMA; Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, H Khairum Rizal ST MAP; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang, Adela Sari Lubis STr Keb MKM; Ketua PKP-RI Medan, M Yunus Lubis; dan lainnya.(IL/rel)

Komentar

Loading...