Perhatian Pemkab Deli Serdang pada Kecamatan Percut Sei Tuan Luar Biasa

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang terhadap Kecamatan Percut Sei  Tuan begitu luar biasa.

Pengakuan ini disampaikan Camat Percut Sei Tuan, A Fitryan Syukri SSTP MSi dalam sambutannya pada kunjungan kerja (kunker) Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan bersama Wakil Bupati, HM Ali Yusuf Siregar di halaman Kantor Camat Percut Sei Tuan, Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Rabu (25/10/2023).

Disebutkan Camat, salah satu pembangunan yang menjadi kebanggaan masyarakat adalah Kantor Camat Percut Sei Tuan yang baru di Desa Saentis.

"Banyak pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang di Kecamatan Percut Sei Tuan. Ini sangat menjadi kebanggan warga Percut Sei Tuan dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera. Di kantor camat yang baru ini, kalau nanti masih ada kesempatan menjadi camat (di Percut Sei Tuan), kita berencana akan membangun dua ruang kelas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)," ucap Camat.

Program PKBM merupakan insiasi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan dan saat ini program tersebut telah berhasil.

"Di Kecamatan Percut Sei Tuan ini, ada sekitat 245 anak berkebutuhan khusus, tapi baru 45 anak yang bisa mendapat pendidikan, yaitu di PKBM Rizki Ananda di Desa Sambirejo Timur. Anak berkebutuhan khusus harus diberikan perhatian khusus untuk pengembangan sensor motoriknyabkarena mereka adalah anak-anak istimewa," jelas Camat.

Di tempat yang sama, perwakilan kepala desa se-Kecamatan Percut Sei Tuan, Asmawito SSos menjelaskan pembangunan infrastruktur yang telah dilaksanakan telah memudahkan akses masyarakat, khususnya petani.

"Bupati selalu berkomitmen dan bekerja keras dalam mewujudkan cita-cita yang ada, Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan. Dulu bisa dua kali mengeluarkan biaya ketika petani akan menjual hasil panennya. Sekarang, sudah tidak. Jalan ke pasar di Medan, sudah lancar. Jalan menghubungkan ke Batang Kuis juga sudah lancar," paparnya.

Tidak hanya infrastruktur jalan, bidang pertanian dan pengembangan ekonomi rakyat melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga tumbuh subur dan berdampak pada peningkatan ekonomi.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Muzzaki SH MH juga menyampaikan hal serupa. Bahkan, katanya, salah satu pembangunan fenomenal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang di Kecamatan Percut Sei Tuan adalah pembangunan Kantor Camat Percut Sei Tuan yang baru di Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan.

Kantor Camat Percut Sei Tuan yang terdiri dari sekitar 23 ruangan itu berdiri di lahan seluas 700 meter persegi dengan pengerjaan dimulai, pada 22 Juni 2023 sampai 20 November 2023 tersebut, saat ini sudah hampir rampung. Dan pengerjaan lanjutan akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang.

"Pembangunan Kantor Camat Percut Sei Tuan ini adalah hasil pembangunan Bapak Bupati yang sangat fenomenal di Kecamatan Percut Sei Tuan ini, menggantikan kantor camat sebelumnya," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dalam pidatonya di acara itu, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas dukungan masyarakat Kecamatan Percut Sei Tuan selama sembilan setengah tahun kepemimpinannya.

"Tanggal 2 November 2023 nanti adalah hari terakhir saya bekerja sebagai Bupati Deli Serdang, begitu juga Ketua Tim Penggerak PKK (Ny Hj Yunita Ashari Tambunan). Selama sembilan setengah tahun, dukungan yang diberikan tidak hanya pada Pemilihan Kepala Daerah (2014 dan 2019), tapi juga pada jalannya pemerintahan, sosial kemasyarakatan, pembangunan dan lainnya. Suatu kehormatan dan kebanggaan atas dukungan dalam mewujudkan Deli Serdang yang maju dan sejahtera, dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan," ungkap Bupati didampingi Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan.

Bupati memahami, cita-cita yang selama ini diinginkan belum sepenuhnya tercapai. Hal itu disebabkan karena adanya keterbatasan.

Pun begitu, ditegaskan juga, meski masa jabatan akan segera berakhir, Bupati akan terus mengabdi dan berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Deli Serdang.

"Saya tahu, masih banyak yang belum terwujud. Itu karena keterbatasan saya sebagai Bupati. Saya datang ini untuk mohon pamit, undur diri dan meminta maaf dalam kapasitas saya sebagai Bupati," ucap Bupati.

Kunker tersebut juga dirangkai dengan beragam acara, di antaranya donor darah dan pengecekan kesehatan, penyerahan kunci bedah rumah, pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil dan balita, penyerahan sertifikat calon pengantin, bantuan peralatan sekolah, sertifikat penghargaan bagi Kepala Desa Peduli Stunting, bantuan pada anak berkebutuhan khusus, alat olahraga, bantuan bagi kelompok nelayan, penyerahan santunan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), penyerahan hasil bumi dari desa se-Kecamatan Percut Sei Tuan, penandatanganan prasasti peresmian Jembatan Paluh Merbau, Musala Al-Ikhlas Sekolah Dasar Negeri (SDN) 105290 Desa Kolam, Poskesdes Desa Percut, rehab ruang kelas PKBM Anak Berkebutuhan Khusus Rizki Ananda dan peninjauan Kantor Camat Percut Sei Tuan yang baru dan penanaman pohon Sawo, Mangga, Duku dan Rambutan di halaman Kantor Camat Percut Sei Tuan yang baru.

Hadir pula pada kunjungan kerja tersebut, anggota DPRD Sumatera Utara, Ir Hj Anita Lubis; anggota DPRD Deli Serdang, H Ismayadi dan H Rakhmatsyah; Sekretaris Daerah, H Timur Tumanggor SSos MAP; Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar; Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny Hj Boya Timur Tumanggor; para pimpinan organisasi perangkat daerah dan camat se-Deli Serdang; tokoh masyarakat Deli Serdang, Darwin Zein SSos; dan lainnya.(IL/Riil)

Komentar

Loading...