Berbagai Suku Budaya Jadi Satu dalam Kirab Budaya Njuah-Njuah

RUBIS.ID, SIDIKALANG - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin terkesan dengan kemeriahan Pesta Njuah-njuah. Berbagai suku dan etnis bersatu merayakan Kirab Budaya Njuah-njuah, pesta rakyat terbesar Kabupaten Dairi.

Etnis-etnis di Sumut selain etnis Pakpak, juga merayakan Kirab Budaya Njuah-njuah seperti Batak Toba, Simalungun, Karo, Nias dan lainnya. Bukan hanya itu, suku Jawa, Sunda, dan suku lain juga ikut merayakan pesta rakyat ini.

"Luar biasa harmonisasi keberagaman di Pakpak, berbeda agama, suku, etnis bersatu merayakannya, saya sangat terkesan," kata Hassanudin usai membuka secara resmi Kirab Budaya Njuah-njuah, di Stadion Utama Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (2/11).

Menurut Hassanudin, harmonisasi keberagaman agama dan budaya harus terus dipertahankan. Ini menjadi modal besar untuk membangun Dairi dan juga Sumut.

"Ini modal kita membangun Sumut, membangun Dairi, jadi saya harap ini terus kita pertahankan, termasuk sisi tradisionalnya yang tidak boleh terkikis zaman," kata Hassanudin.

Menurut Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Brutu, Pesta Njuah-njuah merupakan program pemerintah untuk pengembangan nilai-nilai budaya di masyarakat. Kegiatan ini selain menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil bumi Dairi dan juga sebagai cara melestarikan budaya Pakpak.

"Kita paham kecintaan pada budaya leluhur mendapat tantangan dengan masuknya budaya-budaya baru dari luar, kalau tidak waspada budaya kita bisa memudar," kata Eddy Keleng Ate Brutu.

Pada kegiatan ini, berbagai organisasi, lembaga, sekolah memamerkan etnis mereka masing-masing. Ada juga pawai marching band, kendaraan hias dan pakain-pakaian kreasi masyarakat Dairi.

"Berbagai kegiatan kita laksanakan selama 3 hari, sampai tanggal 4 November, ada pawai, fashion show, berbagai perlombaan, matching bussines dan lain sebagainya, mudah-mudahan selain membuat masyarakat bahagia juga berdampak dari sisi ekonomi," kata Eddy Keleng Ate Brutu.

Hadir pada pembukaan Kirab Budaya Njuah-njuah kali ini, Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin, Anggtoa DPRD Dairi, dan Forkopimda Dairi. Hadir juga pemuka adat Dairi, pemuka agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat. (Arief/Ril)

Komentar

Loading...