Obyek Wisata Batu Katak Bahorok Dilanda Banjir

RUBIS.ID, LANGKAT - Banjir bandang terjadi di sejumlah wilayah Langkat diantaranya objek wisata Batu Katak yang berada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut),

Berdasarkan data yang terangkum, banjir bandang terjadi pada hari Selasa (14/11/2023) sekitar pukul 01.14 WIB dinihari, akibat curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan naiknya air sungai batu katak.

Sebuah jembatan penghubung antara Desa Batu Jonjong dan Desa Bandar Ujung mengalami kerusakan yang mengakibatkan terkendalanya aktivitas warga.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, walaupun begitu sebanyak 70 orang warga sempat diungsikan.

Pelaksana Tugas Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, Ansari mengatakan naiknya debit air meyebabkan banjir bandang di objek wisata Batu Katak Kecamatan Bahorok dan desa yang berada aliran sungai wampu.

Masyarakat yang berada di objek wisata yang mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing.

Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena banjir yang terjadi hanya bersifat lintas, air sudah surut serta masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing.
 
Saat ini upaya yang dilakukan oleh BPBD Langkat melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Bahorok dan pihak desa-desa di Kecamatan Bahorok, meninjau langsung lokasi bencana, memantau dan menginformasikan laporan BMKG ke camat dan kelurahan/ desa.

Sementara Camat Bahorok Robby Sitepu menyampaikan banjir itu mengakibatkan jembatan Sungai Bekail Batu Katak Desa Batu Jongjong hanyut sampai ke Dusun Namo Cengke Desa Lau Damak.

Jembatan ini berada di jalur lingkar penghubung lima desa di kecamatan Bahorok tentunya akan sangat berdampak terhadap hajat hidup orang banyak baik di bidang perdagangan, pendidikan, jalur distribusi hasil pertanian.

Plt Bupati Langkat Syah Afandin melalui Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Langkat juga sudah melakukan pendampingan evakuasi dan memberi bantuan sembako kepada warga terdampak, tutupnya.(HND)

Komentar

Loading...