Pemkab Langkat Gelar Rapat Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental

RUBIS.ID, LANGKAT - Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Staf Ahli Bupati Bid, SDM Sosial dan Kemasyarakatan H.Sujarno,S.Sos,M.Si menggelar Rapat Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Kabupaten Langkat, di Gedung Pegnasos, Stabat (30/11/2023).

Turut hadir dalam kegiatan, Kabag Ops Polres Langkat AKP.Sahriyal Sirait SH,MH, Kasat Binmas Polres Langkat AKP.Suwardi, KBO Lantas Polres Langkat IPda Andreas Suwito, Kanit 3 Sat Intelkam polres Langkat IPda Widayat, Ketua FKUB Kab.Langkat H.Panjang Harahap, Ketua Al-Wasliyah Kab.Langkat Drs.Syahrizal MZ , Etnis dan perwakilan kelompok masyarakat

Kegiatan tersebut mengusung tema "Persiapan Pelaksanaan Pekan Karya Nyata GNRM Kabupaten Langkat Tahun 2023".

Laporan ketua panitia oleh Kakan Kesbang Pol Kab.Langkat Faisal Badawi,S.Sos. menjelaskan dasar hukum kegiatan :

a. Instruksi Presiden Nomor 12 tahun 2016 tentang gerakan nasional repolusi mental.

b. Peraturan Menteri Koordinator PMK Nomor 6 Tahun 2021 tentang pedoman umum kegiatan gerakan nasional revolusi mental.

c. Surat keputusan Bupati Langkat nomor 200-07/K/2023 tentang pembentukan gugus tugas gerakan nasional revolusi mental Kabupaten Langkat tahun 2003.

Adapun Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah :

1. Meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh elemen bangsa tentang arti pentingnya revolusi mental.

2. Meningkatkan rasa kebersamaan persaudaraan dan toleransi antara komponen anak bangsa.

3. Terciptanya karakter yang penuh integritas etos kerja dan gotong royong

Kegiatan tersebut dihadiri ±115 orang yang terdiri dari pimpinan opd kabupaten langkat, tokoh agama ,tokoh masyarakat , tokoh pemuda, tokoh etnis, tokoh perempuan, persatuan wartawan, kelompok difabel, unsur ormas dan unsur akademisi.

Staf ahli Bupati Bid.SDM Sosial dan kemasyarakatan H.Sujarno,S.Sos,M.Si menyampaikan sambutan tertulis Plt Bupati sekaligus membuka rapat.

Beliau menyampaikan salah satu strategi dalam pembangunan karakter dapat dilakukan melalui revolusi mental dan pembinaan ideologi Pancasila revolusi mental merupakan perubahan cara berpikir.

Dalam waktu singkat, bertindak dan bekerja di mana ide dasar dari revolusi mental adalah untuk membangun jiwa dan mental bangsa.

Mental adalah kondisi batin watak kejiwaan hati dalam menghadapi suatu peristiwa, mental adalah watak dasar yang kuat dan label indentitas diri.

Inilah yang menjadi dasar pemikiran dari digaungnya kembali gerakan revolusi mental oleh Presiden Joko Widodo membangun jiwa dan mental bangsa merupakan modal dasar untuk membangun sebuah bangsa dengan harapan gerakan nasional revolusi mental ini akan semakin relevan bagi bangsa Indonesia.

Saat ini kita tengah menghadapi problem pokok bangsa yaitu merosotnya wibawa negara merebaknya intoleransi mental dan melemahnya sendiri perekonomian nasional.

Pelaksanaan rapat gugus tugas daerah gerakan nasional revolusi mental ini adalah merupakan bagian dari rencana aksi implementasi serta gerakan-gerakan yang bertujuan kepada kemajuan dan kemandirian.

Saya dengan gerakan revolusi mental akan memberikan dampak positif bagi seluruh elemen masyarakat terkhususnya di wilayah Kabupaten Langkat.

Dalam hal ini kita berpedoman pada 5 program gerakan yaitu :

1. Gerakan Indonesia melayani
2. Gerakan Indonesia bersih
3. Gerakan Indonesia tertib
4. Gerakan Indonesia mandiri
5. Gerakan Indonesia bersatu.

Saya berharap kiranya dapat menginventarisasi mental negatif di daerah dan melaksanakan inovasi aksi perubahan di masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Langkat.

Muhammad Andre Simatupang selaku Kabid Bina Ideologi dan wawasan kebangsaan Badan Kesbangpol Provsu mengapresiasi kegiatan tersebut.

Kami Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat senang dengan adanya kegiatan ini dan mungkin bisa menjadi contoh dari kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumatera Utara.(HND)

Komentar

Loading...