Peringati Hari Disabilitas Internasional, BSI Perkuat Layanan Inklusif Lewat Cabang Ramah Disabilitas

RUBIS.ID, GRESIK – Memperingati Hari Disabilitas Internasional, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjalankan komitmennya untuk memperkuat layanan inklusif dengan melengkapi infrastruktur ramah disabilitas pada 16 cabang di Indonesia. Hal ini merupakan langkah konkrit BSI dalam mencapai Sustainability Development Goals untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang mendukung keberagaman.

BSI senantiasa berupaya memperkuat layanan inklusif untuk memenuhi ketentuan regulator yaitu POJK 6 Th 2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan serta PBI 3 Th 2023 tentang Perlindungan Konsumen Bank Indonesia yang mewajibkan Bank untuk menyediakan layanan yang setara kepada penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Dalam rangka kunjungan ke salah satu cabang ramah disabilitas di KCP Gresik Kota Baru, Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta mengatakan bahwa semangat inklusivitas yang menjadi salah satu prinsip di BSI menjadi pendorong di balik langkah progresif ini.

“Hal ini mencerminkan visi BSI untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan pada komunitas yang lebih luas,” ujar Bob,Senin (4/12/2023).

Melalui pemenuhan Layanan Ramah Difabel ini, BSI berupaya memberikan layanan yang setara kepada difabel dan lansia salah satunya di Cabang Gresik Kota Baru dengan menampilkan infrastruktur yang mendukung disabilitas fisik diantaranya rampa (jalur landai), area parkir khusus, toilet ramah disabilitas, dan ruang tunggu khusus.

Bob juga mengatakan bahwa rencana inklusivitas strategis ini merupakan komitmen BSI untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mewajibkan pemerintah dan perusahaan menyediakan kuota untuk tenaga kerja penyandang disabilitas. Sebagai informasi, saat ini terdapat 13 orang pegawai difabel yang telah menjadi bagian dari Insan BSI.

“Dengan demikian hal tersebut semakin mengukuhkan komitmen dan kepedulian BSI dalam memberikan kesempatan kerja juga dukungan untuk kesejahteraan penyandang disabilitas di Indonesia,” kata Bob.

Dalam inisiatif inklusi disabilitas BSI, Bob mengatakan bahwa BSI akan terus memperluas layanan disabilitas di lebih banyak cabang untuk menyediakan layanan keuangan syariah kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Di tahun 2024 hingga 2025 BSI akan terus berinovasi untuk dapat melayani nasabah dengan keterbatasan tuna rungu, tuna wicara dan tunanetra. Sejalan dengan hal tersebut, BSI juga berupaya untukmenambah jumlah cabang ramah difabel sebanyak 100 cabang,” ungkap Bob.

BSI mulai mengimplementasikan layanan ramah difabel di 3 Cabang piloting yaitu KC Jakarta Saharjo, KC Yogyakarta Sudirman, dan KCP Lembang Bandung sejak 19 Juni 2023 dan kemudian pada 27 November 2023 menambah jumlah Cabang ramah disabilitas sebanyak 13 Cabang mencakup KCP Gresik Kota Baru, KCP Labuan Banten, KCP Tasikmalaya HZ Mustofa, KC Jakarta Pondok Indah, KC Bengkulu Adam Malik, KCP Bekasi Harapan Indah, KC Lubuk Linggau Bengkulu, KCP Kubu Raya Pontianak, KCP Tangerang Pamulang, KCP Subang Otista, KCP Kendari Lepo-Lepo, KCP Lhoknga, dan KCP Barabai. Sehingga saat ini terdapat 16 Cabang ramah difabel di seluruh Indonesia.

Selain melengkapi 16 cabang ramah disabilitas, sebelumnya BSI juga memperingati Hari Disabilitas Internasional 2023, dengan menyelenggarakan serangkaian acara, termasuk "Dzikir Akbar 1.000 Tunanetra" bekerja sama dengan komunitas tunanetra di Taman Mini Indonesia Indah. Aksi ini mengangkat tema "Disabilitas untuk Indonesia Sejahtera”.

Bersama Brand Ambassador BSI yaitu Putri Ariani pada Hari Disabilitas International juga mengingatkan selalu bahwa keterbatasan bukanlah halangan bagi kita untuk selalu berkarya dan berkreasi demi membanggakan nama Indonesia. Bersama Putri dan Bank Syariah Indonesia, bersama-sama kita level up diri kita untuk mewujudkan mimpi kita menjadi nyata.

“Keterlibatan BSI dalam rangkaian acara ini tidak hanya mencerminkan komitmen kuat terhadap inklusivitas, melainkan juga kesetiaan terhadap nilai-nilai inti AKHLAK. Kami yakin bahwa terus berinovasi adalah kunci untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dengan lebih baik, sambil mendorong pertumbuhan keuangan syariah yang lebih inklusif. Dengan begitu, kami berharap memberikan pengalaman positif kepada nasabah, menjadikan BSI sebagai pilihan utama mereka, dan mendukung visi BSI sebagai Top 10 Global Islamic Bank,” pungkas Bob.(rel-jae)

Komentar

Loading...