Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2024, Bea Cukai Belawan Tetap Siaga Memberikan Pelayanan

RUBIS.ID, MEDAN – Jelang libur dalam rangka perayaan hari raya Natal dan tahun baru 2024, Bea Cukai Belawan tetap siaga memberikan pelayanan dan melaksanakan pengawasan selama hari-hari libur. Hal ini dilakukan guna menjaga arus barang impor maupun ekspor dapat berjalan lancar, serta terawasi dengan optimal.

Rinto Setiawan, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Belawan, mengungkapkan bahwa kegiatan layanan ekspor dilaksanakan dengan skema 24/7 yaitu layanan diberikan tiap hari dan sepanjang hari selama 24 jam.

“Artinya, pengguna layanan ekspor dapat mengajukan dokumen ekspor, perubahan dokumen ekspor hingga pemeriksaan fisik barang ekspor dan pemutusan dokumen ekspor, kapan saja pada waktu jam kerja,” imbuhnya.

Selain layanan secara tatap muka yang telah terjadwal tersebut, Bea Cukai Belawan juga telah mendayagunakan sistem teknologi informasi dalam memberikan kemudahan layanan kepada pengguna jasa. Terdapat beberapa inovasi berupa aplikasi yang digunakan pengguna jasa dalam menyampaikan dokumen permohonan secara daring, pengaduan hingga layanan informasi, dan konsultasi.

Inovasi tersebut antara lain adalah aplikasi Sistem Informasi Bea Cukai Belawan (Sibela) untuk mengakomodasi penerimaan dokumen permohonan yang dibekali dengan notifkasi status proses permohonan dan fitur live chat yang dapat digunakan pengguna jasa untuk berkonsultasi langsung kepada petugas Bea Cukai Belawan.

“Pengaturan jadwal pelayanan dan pengawasan serta optimalisasi aplikasi layanan selama pelaksanaan libur perayaan Natal dan tahun baru 2024 ini merupakan wujud komitmen Bea Cukai Belawan untuk terus memberikan kemudahan pelayanan kepada pengguna jasa. Harapannya, pengguna jasa dapat optimal dalam melaksanakan kegiatan yang terkait kepabeanan dan cukai, sehingga dapat berkontribusi dalam perekonomian nasional,” pungkas Rinto.(Riil)

Komentar

Loading...