Kilas Balik Program Listrik Desa 2023, 3.344 Masyarakat di Sumatera Utara Kini Nikmati Terangnya Listrik PLN

RUBIS.ID, MEDAN – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara bersama pemerintah berhasil meningkatkan rasio desa berlistrik menjadi 99,05 persen sampai Desember 2023 dengan total jumlah masyarakat yang telah menikmati listrik sebanyak 3.344. Jumlah desa berlistrik ini terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, pada tahun 2022 rasio desa berlistrik sebesar 98,92 persen dan pada Desember 2023 rasio desa berlistrik mencapai 99,05 persen.

General Manager PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid menjelaskan berkat dukungan dari pemerintah, PLN UID Sumatera Utara berhasil melistriki 66 Desa dan 85 Dusun hingga Desember 2023. Hal tersebut tidak terlepas dari peran pemerintah dalam memberikan alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) di tahun 2023 (12/1).

Awaluddin berkomitmen, PLN UID Sumatera Utara akan terus mendukung Upaya pemerintah untuk mengingkatkan rasio elektrifikasi agar seluruh Masyarakat dapat mengakses listrik.

“Seluruh Masyarakat di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) berhak menikmati energi listrik. Untuk itu PLN bersinegi bersama pemerintah terus berupaya menghadirkan listrik hingga pelosok Sumatera Utara,” kata Awaluddin.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023 PLN UID Sumatera Utara berhasil membangun Jaringan Tegangan Menengan sepanjang 84.633 kilometer sirkuit (kMS), Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 113.947 kilometer sirkuit (kMS), gardu distribusi sebanyak 51 unit dengan total daya terpasang sebesar 3.050 kilo Volt Ampere (kVA).

“Kami terus berupaya untuk menuju rasio elektrifikasi 100 persen, salah satunya melalui program Listrik Desa sebagai Langkah akselerasi sehingga Masyarakat bisa menikmati listrik,” ujar Awaluddin.

Ke depan, PLN UID Sumatera Utara akan terus mendorong peningkatan rasio desa berlistrik. Harapannya, kehadiran listrik di daerah 3T bisa membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kami (PLN) akan terus melistriki seluruh pelosok Sumatera Utara. Listrik adalah jantung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hadirnya listrik mampu mendorong geliat ekonomi Masyarakat, industri dan sektor bisnis,” tambah Awaluddin.

Awaluddin melanjutkan, dalam membangun infrastruktur kelistrikan khusus di daerah 3T ini, PLN UID Sumatera Utara juga bersinergi pemerintah daerah dan stakeholder terkait.

“Menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua demi kemakmuran seluruh masyarakat. Untuk itu, kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah dan stakeholder sangat penting guna kesuksesan dan kelancaran program ini,” tutup Awaluddin.(IL/rel)

Komentar

Loading...