Stan Pemkab Deli Serdang di HPN 2023 Raih Juara 1

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Stan pameran milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang terpilih menjadi yang terbaik atau juara 1 pada event Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Lapangan Astaka, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Pengumuman tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspem Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara (Setdaprovsu), Basarin Yunus Tanjung didampingi Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika(Kominfo) Sumatera Utara, Ilyas S Sitorus, pada penutupan HPN 2023, Sabtu (11/2/2023).

Pada penutupan pameran HPN 2023 tersebut juga diserahkan piala pemenang untuk stan terbaik kategori media kepada RRI Medan, stan terbaik kategori kuliner kepada Musafir Coffe Medan, stan terbaik kategori UMKM dan Ekonomi Kreatif kepada Kile Stores, stan terbaik HPN expo 2023 kepada Kabupaten Batubara.

Keberhasilan meraih juara 1, tak dimungkiri selama pelaksanaan HPN 2023, sejak Selasa (7/2/2023) sampai Sabtu (11/2/2023), stan milik Pemkab Deli Serdang memang paling menarik perhatian.

Dari tampilan fisik yang benar-benar merepresentasikan Kabupaten Deli Serdang, plus produk-produk unggulan yang disajikan, mulai dari Cerutu Deli, Batik Serdang, tenunan songket, hasil pertanian, perikanan dan lainnya.

Selain itu, dirangkai pula dengan pemberian/penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi para pelaku usaha di Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan-kegiatan yang disuguhkan juga sangat memantik antusiasme pengunjung. Yang paling menyita perhatian adalah berkunjungnya Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo ke stan milik Pemkab Deli Serdang.

Kunjungannya itu juga atas nama Ketua Umum (Ketum) Persadaindonesia.id. Karena, di kesempatan itu, Ganjar Pranowo juga ditahbiskan sebagai special guest star bersama Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dan Direktur Radio Republik Indonesia (RRI), Hendratmo, pada talkshow yang membahas tentang Kebebasan Pers Vs Jurnalisme Pembangunan.

Talkshow yang turut disiarkan langsung oleh 53 Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) seluruh Indonesia itu membuat para pengunjung HPN berkerumun di depan stan pameran Pemkab Deli Serdang.

Selain itu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H Edy Rahmayadi bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara, juga tak mau ketinggalan untuk berkunjung ke stan milik Pemkab Deli Serdang.

Perputaran Uang Capai Rp50 Miliar

Di sisi lain, perputaran uang selama HPN 2023 diperkirakan mencapai Rp50 milliar.

"HPN ini berdampak positif, selama enam hari berlangsung, diperkirakan ada perputaran uang Rp50 miliar. Ini berasal dari transaksi yang terjadi antara pengusaha di semua tingkatan dengan para pengunjung selama perhelatan HPN 2023 berlangsung," kata Basarin Yunus Tanjung.

Selain itu juga disampaikan, HPN 2023 yang dilaksanakan di Sumut ini merupakan pelaksanaan HPN yang terbesar dan terbaik sepanjang pelaksanaan HPN.

"Mulai dari persiapan hingga pelaksanaan puncak HPN yang dihadiri Bapak Presiden RI Joko Widodo hingga penutupan hari ini, kita mendapat pengakuan pengurus pusat maupun pengurus PWI provinsi, mendapat predikat HPN terbaik," jelasnya.

Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi atas kesuksesan HPN 2023 ini. Terutama kepada insan pers, pemerintah Kabupaten/Kota hingga OPD Pemprov Sumut, pelaku UMKM, BUMN dan BUMD dan seluruh masyarakat Sumut.

"Tak ada gading yang tak retak, banyak kekurangan dan kealpaan kami, atas nama Pemprov Sumut kami mohon maaf, ke depan menjadi koreksi dan evaluasi untuk lebih baik lagi," ungkapnya.

Sementara Kadis Kominfo Sumut, Ilyas S Sitorus dalam laporannya menyampaikan,
berbagai rangkaian kegiatan HPN 2023 telah dilaksanakan dengan sukses, yakni mulai dari ekspedisi geopark, donor darah, seminar stunting, workshop literasi digital media sosial dan entrepreneurship untuk generasi milenial, seruan pers dari Sumut, dan seminar anugerah jurnalistik Adinegoro, seminar internasional ‘Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media yang Berkelanjutan.

Kemudian juga dialog Anugerah Kebudayaan PWI 2023, Kongres XXVI dan Seminar SPS, Pertemuan Dewan Kehormatan PWI Pusat dengan Dewan Kehormatan PWI se-Indonesia, Seminar Sejarah Pers Perempuan di Sumut, Seminar Internasional ‘Trade, Tourism and Investment Forum North Sumatera, Konvensi Nasional Media Massa, Seminar Olahraga Strategi Sumut dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah dan Seminar Dana Bagi Hasil Perkebunan Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.

Ilyas yang juga Sekretaris Panitia Daerah HPN 2023 menyampaikan, untuk memeriahkan Pameran HPN ini ada sebanyak 110 stan, baik dari Pemrov Sumut, PKK Sumut dan Kabupaten/Kota, Dekranasda Sumut dan Kabupaten/Kota, OPD Kabupaten/Kota dan pelaku UMKM. Mereka menjual berbagai cendera mata khas Sumut, mulai dari kain songket, kain tenun, pernak pernik HPN dan kuliner, serta aneka minum tersedia di sana.(IL)

Komentar

Loading...