Jaga Kamtibmas di Pasar, Patroli dan Sosialisasi Diintensifkan

RUBIS.ID, MEDAN - Untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di pasar tetap kondusif, jajaran PUD Pasar Medan mulai meningkatkan intensitas patroli di wilayah pasar. Tak hanya itu, para pedagang dan pengunjung diimbau lebih waspada agar tidak menjadi korban tindak kejahatan.

Peningkatan patroli sudah mulai terlihat di Pasar Pusat Pasar sejak Sabtu (8/4/2023). Tampak tim dari Bagian Penertiban, berkeliling di areal pasar. Dengan memakai pengeras suara, petugas mengingatkan pedagang maupun pengunjung untuk berhati-hati terhadap oknum pelaku kejahatan yang mengincar barang berharga yang dimiliki.

Menurut Dirut PUD Pasar Medan Suwarno didampingi Kepala Bahian Penertiban, Kebersihan dan Perawaran Sunarto dan Kepala Pasar Pusat Pasar Khairul Azhar Daulay, dua pekan menjelang lebaran terlihat kedatangan masyarakat di Pasar Pusat Pasar semakin meningkat.

"Untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di pasar, kami menambah intensitas patroli. Sebab situasi ramai seperti ini dimanfaatkan pelaku kejahatan beraksi," ungkap Suwarno.

Para pelaku terkadang memanfaatkan situasi yang ramai untuk melancarkan aksi. Disaat pedagang maupun pengunjung lengah, maka pelaku akan mengambil barang berharga semisal handphone maupun produk lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh pria berinisial BW (48). Dirinya tertangkap selepas mengambil ponsel milik seorang pedagang di lantai I. Selanjutnya, pelaku yang mengaku berasal dari Jalan Bakaran Batu, Gg Melayu, Lubukpakam, Deliserdang, ini dibawa ke kantor penertiban untuk dimintai keterangan.

Kepada Dirut PUD Pasar Medan Suwarno, BW mengaku dirinya beraksi seorang diri. BW menyebut agar tak dicurigai, ia juga berjualan kacamata keliling. Saat tak ada orang yang memperhatikan, BW langsung mengambil ponsel milik korban. Petugas Penertiban kemudian menghubungi petugas Bhabinkamtibmas Polsek Medan Kota.

Karena tak ingin membawa kasus ini ke jalur hukum, korban memilih menempuh damai dengan korban. Kendati begitu, pelaku diminta membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya di seputaran Pasar Pusat Pasar.

"Kami berharap kepada para pengunjung untuk tidak terlampau membawa barang berharga yang bisa menarik perhatian pelaku tindak kejahatan. Untuk para pedagang juga jangan lengah, supaya terhindar dari tindak kejahatan dimasa menjelang lebaran ini," tandas Suwarno. (IL/red)

Komentar

Loading...