IHSG, Rupiah dan Harga Emas Terpantau Bergerak Sideways Dengan Kecenderungan Turun

RUBIS.ID, MEDAN - Kinerja bursa saham pada hari ini melemah 0.29% di level 6.699,72. Sementara itu, sejumlah bursa di kawasan asia di transaksikan beragam pada hari ini. Pelemahan IHSG dipicu oleh melemahnya sejumlah saham di sektor perbankan seperti BMRI, BBCA, dan BBNI. Sementara itu sejumlah saham berbasiskan komoditas sawit seperti AALI dan SGRO mengalami penguatan seiring membaiknya kinerja harga CPO.

Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, menilai, dari sisi makro ekonomi, kebijakan pemerintah china yang memangkas suku bunga acuannya menjadi katalis bagi sejumlah komoditas untuk naik harganya. Harga komoditas energy dan pertanian menjadi pendorong penguatan sejumlah saham berbasis komoditas menguat pada hari ini. Walau demikian pelaku pasar masih menanti kebijakan suku bunga acuan Bank Sentral AS, serta dikuatirkan dengan potensi ancaman resesi ekonomi AS di akhir tahun ini, ujarnya, Rabu (14/6/2023) sore.

Gunawan menambahkan, tidak jauh berbeda dengan kinerja IHSG, mata uang Rupiah juga diperdagangkan melemah pada hari ini. Rupiah bahkan sempat melemah hingga ke level 14.922 per US Dolar, sebelum akhirnya mampu mengurangi pelemahannya. Rupiah pada sesi perdagangan sore ditransaksikan dikisaran level 14.885 per US Dolar. Pelemahan Rupiah sendiri kerap terjadi disaat menjelang keputusan Bank Sentral AS, khususnya dalam kurun waktu satu tahun belakangan.

"Kondisi pasar keuangan secara keseluruhan masih bergerak sideways sejauh ini. Pelaku pasar banyak mengambil sikap wait and see sampai nantinya ada kejelasan arah kebijakan suku bunga acuan The FED. Akan tetapi bukan hanya perihal kenaikan bunga acuan saja. Pernyataan pejabat Bank Sentral AS juga sangat dinanti dan bahkan bisa lebih berpengaruh dan dijadikan acuan pergerakan pasar."jelasnya.

Katanya, masih tidak begitu jauh berbeda dengan rupiah dan IHSG, harga emas juga terpantau bergerak sideways dikisaran $1.950 per ons troy nya. Emas sendiri juga belum memiliki pijakan kuat untuk bergerak kea rah tertentu. Jika dirupiahkan harga emas saat ini ditransaksikan di kisaran harga 936 ribu per gram nya. Emas secara fundamental masih sangat menjanjikan, dan akan kembali menggeliat setelah keputusan bunga acuan nantinya, imbuh Gunawan.(Jae)

Komentar

Loading...