Buka Jambore Dasawisma 2023, Nawal Lubis Sebut PKK Sumut Jadi Panutan

RUBIS.ID, MEDAN – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membuka Jambore Kader PKK (Dasawisma) 2023. Pada kesempatan tersebut, Nawal menyebut TP PKK Sumut menjadi panutan bagi TP PKK lain.

Pujian tersebut, kata Nawal Lubis, didapat saat dirinya bertemu dengan para petinggi PKK di salah satu kesempatan. “PKK Sumut terkenal dan disebut jadi panutan, waktu saya makan bersama ibu-ibu menteri, mereka bilang di Jakarta PKK Sumut ini sangat terkenal, semua mengatakan demikian,” kata Nawal, saat membuka Jambore Dasawisma di Hotel Grand Mercure, Medan, Senin (21/8).

Kata Nawal, tugas PKK seperti pelita yang menerangi kegelapan. Selain itu, PKK juga merupakan pekerjaan yang dikerjakan dengan tulus dan ikhlas.

“Kemanapun pasti didatangi kader PKK, ke desa melalui sungai, melalui laut juga oke semua, saya terima kasih sekali pada ibu-ibu kader yang sudah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Nawal.

Mengenai Jambore Dasawisma, Nawal mengatakan, jambore tersebut dilaksanakan dalam momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Jambore merupakan metode untuk mengukur sejauh mana keunggulan dan kelemahan yang dimiliki kader dalam menjalankan tugas pokoknya.

“Betapa pentingnya kader Dasawisma sebagai kelompok terkecil, namun besar jumlahnya, tentu Dasawisma merupakan ujung tombak yang harus dapat perhatian dan pembinaan yang baik sehingga Dasawisma memiliki daya guna yang berhasil besar demi kesejahteraan keluarga,” ujar Nawal.

Ketua Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Mahreni Aspan Sofian mengatakan, jambore tersebut diikuti ratusan peserta yang berasal dari kabupaten/kota se-Sumut. Tujuan dilaksanakannya jambore tersebut antara lain, untuk meningkatkan pengelolaan kelompok Dasawisma yang baik dan mempersiapkan dasawisma yang handal.

“Membentuk karakter Dasawisma yang ceria, cerdik dan cekatan, serta meningkatkan kreativitas kelompok Dasawisma,” ujar Mahreni.

Pada kesemparan tersebut juga diserahkan apresiasi pada kader inspiratif TP PKK kabupaten/kota. Para kader inspiratif tersebut diberikan tablet Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Catatan Sipil Sumut Parlindungan Pane dan Ketua Dharma Wanita Sumut Dian Arief S Trinugroho. (H17/DISKOMINFO SUMUT/red)

Komentar

Loading...