Gebyar Pendidikan Deli Serdang 2023, Pendidikan Tuntas Bangun Generasi Cerdas

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Pendidikan adalah bagian terpenting dari upaya untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius, maju dan rukun dalam kebhinekaan.

"Visi ini adalah masyarakat Deli Serdang yang mau dimajukan dan disejahterakan. Kita bersyukur, kita beruntung, Tuhan menganugerahi kabupaten yang luar biasa sumber daya alam, yang luar biasa tanahnya luas dan subur. Lebih luar biasa lagi adalah letak geografisnya berbatas dengan kabupaten/kota besar, bahkan mengelilingi ibu/kota provinsi. Terletak di Selat Malaka selat tersibuk di dunia ini," papar Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan, pada Gebyar Pendidikan Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023 di Convention Hall Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Selasa (24/10/2023).

Di Deli Serdang, lanjut Bupati, ada Bandara Udara (Bandara) Internasional Kualanamu. Berbatasan dengan Kota Medan, ada Pelabuhan Belawan dan dengan Kabupaten Batubara, ada Pelabuhan Kuala Tanjung. Kedua pelabuhan terbesar dan terpenting di Sumatera Utara.

"Dengan sepelemparan batu dari Kabupaten Deli Serdang kita sudah sampai. Potensi yang luar biasa untuk Deli Serdang," sambung Bupati.

Maju dan sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan, tegas Bupati, bukan sesuatu yang harus dicapai dalam waktu dekat.

"Maju dan sejahtera dan rukun dalam kebhinekaan adalah cita-cita sepanjang masa. Deli Serdang harus mampu terus menerus mengikuti zaman. Sumber daya dan potensi yang ada di Kabupaten Deli Serdang, pada saatnya harus benar-benar mampu dimanfaatkan untuk kemajuan dan masyarakat Deli Serdang," tegas Bupati.

"Sekarang, tahun depan, lima tahun lagi, 10 tahun lagi, 20 tahun, bahkan 50 tahun lagi. Yang saya ingin sampaikan adalah potensi di Deli Serdang ini harus mampu dimanfaatkan masyarakat dan dikelola dengan baik dan benar serta mendatangkan kesejahteraan dan kemajuan bagi masyarakat Kabupaten Deli Serdang," pungkas Bupati pada kegiatan yang mengusung tema, "Pendidikan Tuntas Membangun Generasi Cerdas Mewujudkan Merdeka Belajar".

Tugas orangtua, masyarakat, lingkungan pendidikan dan pemerintah adalah untuk melatih dan mendidik sumber daya manusia (SDM), sehingga mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki Deli Serdang. Pada saatnya nanti, pengelolaan potensi yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Deli Serdang.

"Jadikan mereka generasi-generasi muda yang mampu mengangkat potensi di kabupaten ini dan mereka dari orang yang cerdas, yang mampu berdemokrasi, yang memiliki daya saing, bahkan bersaing dengan anak-anak seusianya yang dididik di Singapura dan di manapun. Pesan penting yang ingin disampaikan adalah menjadikan anak-anak Deli Serdang itu bangga terhadap tanah kelahirannya," pesan Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang, Yudi Hilmawan SE MM dalam laporannya menyampaikan Gebyar pendidikan Tahun 2023 dilaksanakan selama dua hari, Selasa (24/10/2023) sampai Rabu (25/10/2023).

Rangkaian acara yang diadakan, antara lain Pameran Pendidikan yang diikuti Sekolah Menengah Atas (SMA) dan para guru hingga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), berbagai macam perlombaan, seperti lomba tari kreasi dan kaligrafi dan sebagainya

Acara lainnya adalah pemberian penghargaan kepada guru pengawas dan peneliti yang berprestasi dan kepada sekolah penggerak, sekolah sehat dan sekolah Adiwiyata, pemberian penghargaan dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Sumatera Utara kepada Bupati dan Bunda PAUD atas capaian Program Merdeka Belajar.

Dalam Gebyar Pendidikan tersebut juga ditayangkan visualisasi pembangunan di bidang pendidikan dari tahun 2014 sampai 2023, peresmian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Pelatihan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelurahan Petapahan, Kecamatan Lubuk Pakam.

"Gebyar Pendidikan adalah salah satu cara untuk menjalankan visi Deli Serdang. Tetap berusaha untuk melaksanakan berbagai macam program dan inovasi-inovasi ke depannya," kata Kadis Pendidikan di kegiatan yang dihadiri sekitar 3.000 orang tersebut.

Di tempat yang sama, Kepala BPMP Provinsi Sumatera Utara, Drs Irwan Syafii MPd dalam sambutannya menuturkan mutu pendidikan yang menjadi tugas dan implementasi kebijakan kementerian di daerah saat ini adalah Merdeka Belajar.

"Kami berharap semua episode Merdeka Belajar ini sesuai di lapangan di tingkat pendidikan. Apapun aplikasinya untuk peningkatan belajar, harapannya dari jenjang PAUD, SD, SMP dan kepada guru, aplikasi ini dijalankan dengan baik. Terkait regulasi pendukung Merdeka Belajar Deli Serdang terbanyak menjalankannya. Kami berharap Deli Serdang tetap maju dan Merdeka Belajar ini terimplementasi dengan baik," ucapnya.

Hadir di acara tersebut, Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar; Kajari Deli Serdang, Jabal Nur SH MH; Sekda Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; Kepala BBGP Sumatera Utara, Dr Joko Ahmad Julifan MSi; Danramil 06/LP, Kapten Inf Poniman; perwakilan Polresta Deli Serdang; anggota DPRD Deli Serdang, Hj Wastiana Harahap Hj Sa'adah Lubis; Rachmadsyah; Ketua Tp PKK Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni Ali Yusuf Siregar; Ketua Dharma Wanita Persatuan Deli Serdang, Ny Boya Timur Tumanggor; perwakilan unsur Forkopimda Deli Serdang; pimpinan organisasi perangkat daerah, camat, dan lainnya.(IL/Riil)

Komentar

Loading...