Ratusan Eks Pecandu di Aceh Ikuti Terapi Alam

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Ratusan mantan pecandu narkoba di Kota Banda Aceh mengikuti Terapi Alam di Pantau Pasir Putih, Aceh Besar, Selasa (31/10/2023).

Pada Terapi Alam itu, para mantan pecandu dikoordinir Forum Rehabilitasi Narkoba Aceh yang diketuai Mismarhadi.

"Ada beberapa lembaga yang yang tergabung dalam Formapza ini, namun yang terlibat dalam kegiatan ini hanya empat lembaga, Yakni Yayasan Al-Fatha, Yayasan Pintu Hijrah Yayasan Seuramo Mulya Aceh, dan Yayasan Kayyis Ahsana Aceh," sebutnya.

Dedi Saputra, Ketua Yayasan Pintu Hijrah mengatakan Terapi Alam bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antarlembaga rehabilitasi narkoba di Provinsi Aceh. "Kita ingin menjalin silaturahmi antar lembaga rehabilitasi narkoba di Provinsi Aceh, khususnya Kota Banda Aceh," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Zulfikar, Ketua Yayasan Al-Fatha mengatakan kegiatan tersebut ingin menyatukan kekompakan seluruh mantan pecandu narkoba di Provinsi Aceh, khususnya Kota Banda Aceh agar terbentuk komunitas yang sehat, dan saling mendukung antarsesama pecandu narkoba. "Kita berharap agar seluruh pecandu narkoba di Banda Aceh, khususnya bisa bersama-sama dan bahu-membahu untuk mencegah bertambahnya jumlah korban pecandu narkoba di Banda Aceh," utaranya.

Ketua Fornapza Aceh ini juga menambahkan terbentuknya Fornapza untuk mendorong agar Pemerintah Aceh segera menerbitkan Peraturan Gubernur terkait penangan narkoba di Banda Aceh. "Kita berharap agar pemerintah segera mengambil tindakan untuk menanggulangi masalah narkoba di Provinsi Aceh, baik itu pengedar yang harus menjalani proses hukum, maupun pengguna yang harus menjalani rehabilitasi di panti panti rehabilitasi yang sudah ada di Provinsi Aceh," timpal Mismarhadi.

M Nasir, Ketua Yayasan Kayyis juga menambahkan kegiatan tersebut sangat penting bagi pemulihan resident yang sedang menjalani rehabilitasi. "Outing ini sangat penting bagi Resident yang sedang menjalankan proses rehabilitasi, setelah menjalani proses rehabilitasi yang melelahkan di fasilitas masing masing, Resident juga butuh liburan. Makanya kita lakukan kegiatan outing ini," sebutnya.

Berbagai kegiatan dilakukan pada Terapi Alam tersebut, seperti games yang melatih kekompakan tim, pertandingan sepakbola, dan yang terpenting adalah ibadah dan makan bersama. (red)

Komentar

Loading...