Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Gelar Rapat TIMPORA di Kota Binjai, Menerapkan Kebijakan Selective policy

RUBIS.ID, BINJAI - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Medan menyelenggarakan kegiatan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tahun 2023 di Kota Binjai yang merupakan salah satu wilayah kerja Kanim Kelas I Khusus TPI Medan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan koordinasi anggota TIMPORA terhadap keberadaan dan Warga Negara Asing (WNA) di Kota Binjai, Senin (30/10/2023).

Turut serta dalam kegiatan, Asisten Pemerintahan dan Sosial Kota Binjai, Polres Binjai, Kodim 0203/Langkat, Pengadilan Negeri Binjai, Kejaksaan Negeri Binjai, Kantor Urusan Agama Binjai, Badan Kesbangpol dan Perlindungan Masyarakat Kota Binjai, Badan Narkotika Nasional Kota Binjai, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Binjai, Disdukcapil Kota Binjai, Dinas Pariwisata Kota Binjai dan lain-lain.

Kepala Kanim (Kakanim) Kelas I Khusus TPI Medan Johanes Fanny yang diwakili oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Hendrya Wijaya menyampaikan Bahwa lalu lintas orang asing yang keluar- masuk wIlayah Indonesia mengalami peningkatan signifikan setelah pandemi Covid-19.

Untuk itu imigrasi menerapkan kebijakan selective policy, yang mana hanya orang asing yang memberikan manfaat dan tidak membahayakan keamanan serta ketertiban umum yang diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia.

Kita berkoordinasi dengan TIMPORA secara berkesinambungan sebagai wadah untuk sharing informasi mengenai keberadaan dan giat orang asing.

Dilanjutkan, Kepala Seksi Intelijen Keimigrasian Iskandar sebagai narasumber mengatakan, tugas yang dilaksanakan oleh TIMPORA adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi atau lembaga pemerintahan terkait, mengenai hal yang berkaitan dengan pengawasan orang asing.

Mewakili Polres Binjai, panit I Politik Sat Intelkam Syahruddin Batubara mengapresiasi terhadap upaya yang dilakukan Kanim Kelas I Khusus TPI Medan dalam melakukan pengawasan keimigrasian terhadap keberadaan dan giat orang asing di Kota Binjai.

Terlebih mengingat di Kota Binjai banyak orang asing yang menjadi Tenaga Kerja Asing maupun terlibat perkawinan campuran.

Untuk itu perlu dilakukan sharing informasi antar anggota TIMPORA mengenai keberadaan dan kegiatan orang asing secara berkala sebagai langkah antisipasi terhadap pelanggaran keimigrasian.

Bagi sahabat setia @rubis.id, yang memiliki informasi terkait keberadaan warga negara asing di lingkungan sekitar, dapat menghubungi layanan pengaduan
WA: 0811 6187 001 atau email: (knm.medan@kemenkumham.go.id).(HND)

Komentar

Loading...