Pangdam I/BB: Rekam Jejak Pahlawan Tegaskan Kita Sebagai Bangsa Pejuang

RUBIS.ID, MEDAN - Rekam jejak para Pahlawan telah mengajarkan bahwa kita bukan bangsa pecundang, melainkan bangsa pejuang. Dan kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh apalagi menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan, akan kita hadapi dengan tekad tidak akan mundur sejengkal pun.

Hal ini ditegaskan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan kepada media sesuai ziarah nasional peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 di TMP Bukit Barisan, Jl Sisingamangaraja Medan, Jumat pagi (10/11/2023).

Pangdam mengatakan, peringatan Hari Pahlawan yang mengangkat tema “Semangat
Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam
Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, adalah sebagai jawaban terhadap ancaman
penjajahan modern yang kian nyata yang dihadapi Bangsa Indonesia.

"Indonesia yang dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral, menjadi tantangan bagi kita sebagai generasi penerus untuk mengelolanya untuk kejayaan bangsa dan negara," ucap Pangdam.

"Kekayaan Indonesia ini menjadi ancaman sekaligus tantangan yang harus mampu kita taklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti yang dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan," urai Pati bintang dua abituren Akmil 1989 itu.


Dalam kegiatan ziarah nasional ini, Pj Gubernur Sumut, Mayjen TNI Purn Hassanudin tampil sebagai Inspektur Upacara. Sejumlah unsur Forkopimda Sumut juga hadir. Di antaranya Kapolda, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, serta pejabat TNI-Polri dan sipil pemerintahan lainnya.

Rangkaian acara ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, dan peletakan karangan bunga oleh Irup.

Kegiatan diakhiri dengan ziarah dan tabur bunga ke pusara para pahlawan yang dilakukan Pj Gubsu, Pangdam dan Kapolda serta unsur Forkopimda Sumut lainnya.

Acara ini juga dihadiri para veteran, anggota KBT (Keluarga Besar TNI) mulai dari Pepabri, PPAD, PPAL, dan PPAU.(rel-jae)

Komentar

Loading...