Ekonom Sumut: Harga Cabai Kembali Merangkak Naik di Akhir Pekan ini

RUBIS.ID, MEDAN - Harga cabai merah terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini. Harga cabai merah meyentuh 60 ribu per Kg di sejumlah pedagang pengecer di kota medan. Sementara di deli serdang, harga cabai merah dijual dikisaran level 55 ribu per Kg. Namun tetap bisa ditemukan harga cabai merah yang berada di kisaran 40 ribuan per Kg. Walaupun dengan kualitas yang lebih buruk. Demikian dikatakan Gunawan Benjamin selaku Ekonom dan Ketua Tim Bahan Pangan Sumut kepada awak media, Minggu ( 12/11/23).

Dikatakan Gunawan, Selain cabai merah, cabai rawit juga dijual naik dikisaran 65 ribu per Kg. “Kenaikan harga cabai ini yang biasanya terjadi pada hari senin, justru terjadi di akhir pekan. Padahal di hari sabtu, kondisi cuaca di medan dan sekitranya cukup bagus. Sehingga memunculkan dugaan bahwa ada kemungkinan harga cabai mulai bertahan mahal di atas 50 ribuan untuk sementara waktu.” pungkasnya.

Selain itu, lanjutnya, harga bawang merah juga terpantau naik sekitar 1.000 per Kg di akhir pekan. Sementara bawang merah sendiri memiliki banyak ragam yang dijual. Sehingga varian harga yang terbentuk di pasar juga ada banyak. Sebelumnya harga gula pasir juga sudah mengalami kenaikan terlebih dahulu. Saat ini berada dalam rentang 16 ribu hingga 16.500 per Kg nya.

“Dari sejumlah harga yang mengalami kenaikan tersebut. Harga daging ayam terpantau mengalami penurunan di akhir pekan ini. Harga daging ayam dijual dalam rentang 23 hingga 26 ribu per Kg nya. Daging ayam ini menurut pandangan saya lebih mencerminkan kondisi daya beli masyarakat. Selama ini komoditas daging ayam kerap dikonsumsi baik masyarakat menengah bawah dan atas.” terangnya.

Pada awal pekan besok, sambungnya, belum bisa dipastikan pergerakan harga cabai nantinya. “Kenaikan harga di awal pekan memang kerap terjadi saat banyak petani yang tidak turun ke ladang pada hari minggu. Yang memicu penurunan pasokan di awal pekan. Sehingga memang perlu diwaspadai adanya kemungkinan lonjakan harga cabai selanjutnya. Namun, secara keseluruhan saya menilai kenaikan harga cabai saat ini lebih dipengaruhi oleh tingginya harga cabai diluar Sumut.”tutupnya.(IL)

Komentar

Loading...