Pemkab Deli Serdang Komit Penuhi Layanan Kesehatan Masyarakat

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Pelaksana Tugas Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menegaskan di momentum Hari Kesehatan Nasional ke-59, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang berkomitmen untuk terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dengan cepat dan jangkauan lebih dekat.

Dengan begitu, nantinya akan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kesehatan masyarakat.

"Semoga kita semua dapat menjadi pelopor gaya hidup sehat di Kabupaten Deli Serdang dan menjadi pionir untuk mengedukasi masyarakat dalam menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan," harap Plt Bupati pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023 di Lapangan Sepakbola Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Minggu pagi (19/11/2023).

Plt Bupati juga memberi apresiasi dan terima kasih kepada jajaran tenaga medis dan pihak terkait lainnya yang terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas kesehatan di Kabupaten Deli Serdang.

"Saya berharap ke depannya kerja keras, daya dan upaya yang selama ini dikerahkan bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan untuk mencipatakan Deli Serdang yang hebat dan sehat," imbuh Plt Bupati.

Mengenai pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional ke-59, pada 12 November 2023 lalu, Plt Bupati menjelaskan sesuai amanat Menteri Kesehatan, saat ini Indonesia mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dari peradaban sebuah negara.

Indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang sebagai momentum Indonesia lolos dari Middle Income Trap menjadi negara berpendapatan tinggi serta mencapai Indonesia Emas 2045.

"Karenanya, pada momen Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 inilah pemerintah terus menekankan enam pilar transformasi kesehatan yang merupakan penopang sistem kesehatan Indonesia, khususnya di Kabupaten Deli Serdang yang harus dibangun secara serius dan terus menerus," papar Plt Bupati.

Enam pilar transformasi kesehatan tersebut, yakni pilar layanan primer, layanan transformasi rujukan, layanan transformasi sistem layanan ketahanan kesehatan, layanan transformasi pembiayaan kesehatan, layanan transformasi sumber daya manusia kesehatan, dan layanan transformasi teknologi kesehatan.

Dalam hal ini, pemerintah tidak dapat berjalan sendiri, namun dibutuhkan sinergi yang kuat dan kolaborasi erat antara seluruh pihak serta semua elemen masyarakat untuk mewujudkan ketersediaan sumber daya manusia berkualitas, sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

"Kita (Deli Serdang) memiliki jumlah penduduk yang besar, lebih kurang 2 juta jiwa dan tentunya ini adalah modal luar biasa dalam mengelola sumber daya alam kita yang kaya, jika kita memiliki sumber daya manusia yang sehat jasmani dan rohani," tegas Plt Bupati.

Dalam peningkatan sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan daerah, di mana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meletakkan kesehatan sebagai salah satu komponen utama pengukuran, selain pendidikan dan pendapatan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr Asri Ludin Tambunan dalam laporannya menyampaikan tema yang diangkat pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tersebut adalah Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju, dengan sub tema, Penguatan Sektor Hulu untuk Mencapai Deli Serdang Sehat.

"Penguatan di sektor hulu bersama pihak terkait lainnya dan Dinas Kesehatan untuk mendapat penanganan di awal. Penanganan kesehatan di Deli Serdang menunjukkan peningkatan grafik. Dalam hal ini dibutuhkan kerjasama lintas sektoral. Dinas Kesehatan juga sudah membuat aplikasi Deli Serdang Sehat, di dalamnya ada penanganan stunting, anak berkebutuhan khusus, ibu hamil dan lainnya," sebut dr Asri.

Kegiatan tersebut dirangkai beragam acara lainnya, antara lain pemberian bantuan sosial, mikronutrien, penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS), akta kelahiran dan pemberian penghargaan kepada RSUD Drs H Amri Tambunan, RSU Grand Med, RSU Mitra Medica, dan lainnya serta pemberian penghargaan kepada Puskesmas Terbaik yang diraih Puskesmas Pantai Labu dan Batang Kuis.

Turut hadir di acara itu, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Deli Serdang dan pihak terkait lainnya.(IL/Riil)

Komentar

Loading...