Pesta Rondang Bintang Lestarikan Adat Budaya Simalungun di Deli Serdang

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Kemajuan bangsa sangat ditentukan oleh nilai-nilai kebersamaan dan patriotisme kebangsaan serta menghindari sifat egoisme diri dan kelompok.

Daya tarik alam kebudayaan dan wisata Indonesia unggul jauh dari negara lainnya, tapi sebagai warga negara harus terus memberikan perhatian, khususnya pada pengembangan sumberdaya manusia, khususnya budaya lokal.

"Budaya suku Simalungun memiliki nilai sejarah sangat berharga bagi kemajuan satu bangsa. Dari pengalaman sejarah masa lalu terdapat nilai-nilai positif yang harus kita pertahankan, sedangkan aspek negatifnya kita koreksi dan perbaiki untuk menata masa depan lebih baik. Kehadiran dan bersatunya para tokoh masyarakat Simalungun, bisa dijadikan motor penggerak untuk kemajuan Kabupaten Deli Serdang di masa akan datang," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, HM Ali Yisuf Siregar di Pesta Rondang Bintang II Tahun 2023 di Balai Bolon, Kecamatan Bangun Purba, Sabtu malam (19/11/2023).

Dijelaskan Plt Bupati, esensi dari tradisi Pesta Rondang Bintang adalah bentuk kegembiraan dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas hasil panen yang didapat dan sebagai ajang pencarian jodoh bagi muda-mudi.

Momentum berharga tersebut, tegas Plt Bupati, jangan dijadikan hanya sekadar seremonial, tetapi juga bisa meningkatkan hubungan baik dan silaturahmi yang dilandasi rasa kekeluargaan serta kebersamaan antarsesama masyarakatSimalungun. Selain itu, untuk mempererat hubungan masyarakat Simalungun dengan masyarakat etnis lain di Deli Serdang.

Plt Bupati meyakini, bila pagelaran kebudayaan tersebut terus dilaksanakan dan ditingkatkan, maka masyarakat luas akan lebih mengenal tradisi Simalungun dan betapa pentingnya melestarikan tradisi agar tidak hilang ditelan zaman.

"Semoga dengan terselenggaranya Pesta Rondang Bintang ini dapat mempertahankan dan memulihkan tradisi, kearifan lokal serta warisan orangtua kita agar nilai tradisi yang masih kental tersebut tidak hilang pada generasi selanjutnya," harap Plt Bupati.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara, Agustiawan Saragih mengatakan, Pesta Rondang Bintang dilaksanakan setelah panen raya, serta tempat berkenalan para muda-mudi.

Agustiawan yang juga anggota DPRD Deli Serdang ini berharap Pesta Rondang Bintang bida lebih melestarikan dan memperkenalkan adat budaya Simalungun di tengah masyarakat.

Turut hadir di acara itu, tokoh masyarakat Simalungun, Dr Parlindungan Purba SH dan HM Idris Sinaga; anggota DPRD Deli Serdang, Mikail TP Purba; pejabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang; Camat Bangun Purba, Raden Mewah Ristanto SSTP beserta Musyawarah Pimpinan Kecamatan; kepala desa se-Kecamatan Bangun Purba, tokoh adat dan agama serta lainnya.(IL/Rel)

Komentar

Loading...