Upacara Peringatan Hari Guru dan PGRI-78, Syah Afandin Bacakan Pidato Tertulis Mendikbud Ristek

RUBIS.ID, LANGKAT - Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH menjadi Pembina Upacara Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78 Tahun 2023 di Alun-alun T Amir Hamzah Stabat, Sabtu (25/11/2023).

Turut hadir dalam kegiatan Mewakili Kapolres Langkat Kabag OPS Polres Langkat, Mewakili Dandim 0203/LKT Kapten Inf.Edi Susanto, Staf Ahli Bid.SDM.Sosial dan Kemasyarakatan H.Sujarno,S.Sos, Kadis Kominfo H.Syahmadi,S.Sos,M.SP, Mewakili Kakan Kemenag Langkat Kholid,S.Ag KA KUA Hinai, Ketua MUI Kab.Langkat H.Zulkifl Ahmad Dian Lc MA, Para Kepala sekolah SD/SMP/SMA/SMK Sedarajat se-kabupaten langkat, dan PGRI Kabupaten Langkat.

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menyampaikan Pidato tertulis Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim.

Dalam pidato tersebut dijelaskan bahwa tahun ini mungkin menjadi tahun terakhir saya merayakan hari guru nasional sebagai Menteri Pendidikan kebudayaan riset dan teknologi.

Hal ini membuat saya merasa sedih karena pasti saya akan rindu bertemu dengan ibu dan bapak semua, akan tetapi di balik itu tersimpan rasa yakin dan optimis yang sangat kuat dalam benak saya.

Saya yakin bahwa ibu dan bapak guru sebagai nahkoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka belajar.

Saya optimis bawa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka belajar, keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam 4 tahun terakhir.

Pada tahun pertama Merdeka belajar kita menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya.

Kita menerapkan assessmen nasional agar semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif dan menyenangkan serta lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Lalu di tahun berikutnya kita meluncurkan kurikulum merdeka jika asesmen nasional mengukur tujuan perubahan kurikulum Merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan.

Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi dan penekanan pada pemahaman yang mendalam.

Tetapi juga memerdekakan guru untuk mengelola kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.

Ruang untuk belajar dan berbagi diantara sesama guru kini juga semakin luas dengan adanya platform Merdeka mengajar jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung saling belajar dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan kurikulum merdeka.

Selanjutnya, terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan pendidikan guru penggerak program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru kepala sekolah dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

Terakhir yang juga sangat membahagiakan adalah kita sudah semakin dekat untuk mencapai target 1 juta guru ASN P3K guna memenuhi kebutuhan guru dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

Semua ini membuat saya percaya bahwa hari nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan, namun sebaliknya peringatan hari guru nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia.

Oleh karena itu mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan dengan derap langkah serta melanjutkan gerakan Merdeka belajar.

Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 16 pengurus cabang PGRI kecamatan atas ketaatan dalam berorganisasi.

Adapun 16 pengurus yang memperoleh Penghargaan adalah : PC PGRI Kec.Stabat, PC PGRI Kec.Sawit Seberang,PC PGRI Kec.Kuala, PC PGRI Kec.Pangkalan Susu, PC PGRI Kec.Pematang Jaya, PC PGRI Kec.Batang Sarangan, PC PGRI Kec.Binjai, PC PGRI Kec.Sei Lepan, PC PGRI Berandan Barat, PC PGRI Kec.Selesai, PC PGRI Kec.Padan Tualang, PC PGRI Kec.Babalan, PC PGRI Kec.Salapian, PC PGRI kec.Wampu, PC PGRI Kec.Gebang, PC PGRI Kec.Sirapit.

Selanjutnya :
Pemberian penghargaan kepada kepala SD 058241 (Waliani,S.Pd ) atas prestasinya sebagai pelaksana program sekolah angkatan 3 tahun 2023 dari Kemendikbud Ristek RI.

Pemberian penghargaan kepada (Darul Bayani) asal sekolah TK Bumble Bees Stabat, nama lomba Pinger Painting, juara 2 Tingkat Nasional yang diadakan IGTKI Pusat - Jakarta.

Pemberian penghargaan kepada (Rosmaida,S.Pd AUD) asal sekolah TK Rakyat Pematang - Pematang Jaya lomba gala kreasi video kampanye sekolah sehat tahun 2023, juara 2 Tingkat Nasional diadakan Kemdikbud Ristek RI.

Penyerahan hadiah pemenang lomba kepala sekolah dan guru berprestasi tingkat SD Dinas Pendidikan kabupaten Langkat tahun 2023.

Kepala sekolah berprestasi:
- Feby Prayanti,S.Pd tempat tugas SDN 057201 Perdamaian sebagai juara 1
- Zakiah Isnani,S.Pd tempat tugas SD 050761 Sei bilah juara ll
- Sutarni ,S.Pd tempat tugas SDN 055991 Bukit Melintang juara lll

Guru berprestasi:
- Rahimah,S.Pd tempat tugas SDN 053993 Lubuk Kertang juara 1
- Nuraida,S.Pd tempat tugas SDN 05057224 Paluh Gusta Juara ll
- Hendri,S.Pdi tempat tugas SDN 053982 juara lll.(HND)

Komentar

Loading...