Alami Peningkatan 2023, Ridho Pamungkas: Ada 37 Laporan Persaingan Usaha Masuk ke KPPU Kanwil I

RUBIS.ID, MEDAN - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) I KPPU, Ridho Pamungkas mengatakan, sepanjang tahun 2023 jumlah laporan yang masuk ke wilayah kerja Kanwil I KPPU meliputi 5 Provinsi mengalami peningkatan dengan jumlah 37 laporan terkait persaingan usaha. Hal itu dipaparkan Kepala KPPU Kanwil I Medan, Ridho Pamungkas kepada rekan - rekan jurnalis , Rabu (06/12/2023) di kantor KPPU Kanwil l Medan.

“Dari sisi persebaran jumlah laporan di wilayah kerja Kanwil I KPPU yang meliputi 5 Provinsi, Sumatera Utara (Sumut) mendominasi dengan jumlah 24 laporan. Orang Sumut ini paling suka melapor, jadi paling banyaklah laporan persaingan usaha yang masuk. Sisanya Sumatera Barat ada 3 laporan, Aceh 2 laporan, Riau 5 laporan dan Kepri 3 laporan,” terang Ridho Pamungkas.

Menurutnya, jumlah laporan itu mengalami peningkatan jika dibanding tahun 2022 yang hanya 28 laporan. Adapun laporan persaingan usaha terbanyak terkait tender sebesar 86,5 persen, non tender 8,1 persen dan sisanya terkait kemitraan.

Kemudian, kegiatan penyelidikan yang sedang berjalan di Kanwil I KPPU lanjut Ridho, saat ini ada 10 penyelidikan. Masing-masing 1 penyelidikan di Sumut terkait tender pembangunan Pasar Baru, Mandailing Natal, kemudian ada 3 penyelidikan di Aceh, Sumatera Barat 1 penyelidikan dan Kepri 3 penyelidikan serta Riau 2 penyelidikan.
Untuk total pengenaan denda dari putusan yang sudah inkrah di wilayah kerja Kanwil I KPPU sampai tahun 2023 sebesar Rp58 Miliar. Jumlah yang sudah dibayar sebesar Rp24 Miliar dan yang belum dibayar (piutang) sebesar Rp34 miliar.

“Terdapat tambahan denda sebesar Rp5,4 Miliar dari denda putusan sidang perkara terkait tender MYC Aceh yang dibacakan pada tanggal 05 Desember 2023,” pungkas Ridho.

Sementara itu, Ridho juga menyebutkan selama tahun 2023, Kanwil I KPPU telah melaksanakan 22 kegiatan advokasi terkait dengan persaingan usaha dan pengawasan kemitraan di wilayah kerjanya kepada stakeholder terkait.(Arie)

Komentar

Loading...