PLN UID Sumut Sukses Menjaga Pasokan Listrik di Perayaan Natal 2023

RUBIS.ID, MEDAN – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut ) sukses menjaga keandalan pasokan listrik di malam dan hari natal, khususnya di gereja yang ada di Sumatera Utara untuk memastikan umat kristiani dapat beribadah dengan suka cita.

Untuk memastikan pasokan listrik aman, PLN UID Sumatera Utara telah melakukan berbagai persiapan di antaranya menggelar apel siaga, kesiapan petugas dan peralatan hingga mendirikan posko siaga dalam menjaga keandalan kelistrikan selama perayaan Natal 2023.

Dalam wawancara saat melakukan zoom dengan EVP Operasi Distribusi Sumatera di posko utama siaga kelistrikan natal 2023 dan tahun baru 2024, Sabtu (24/12/2023), General Manager PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid menjelaskan, PLN menyiagakan keandalan sistem kelistrikan Tegangan Menengah (20kV) hingga seluruh personel untuk mengawal perayaan natal 2023.

“Kami ingin suasana ibadah natal dapat berlangsung dengan lancar dan penuh sukacita. Untuk itu, PLN pastikan keandalan pasokan listrik dan personel untuk mengawal perayaan natal 2023,” tutur Awaluddin.

Awaluddin merinci untuk menjaga kelancaran dan keandalan pasokan listrik selama perayaan natal 2023, PLN UID Sumatera Utara telah mempersiapkan posko siaga sebanyak 269 posko dengan masa kesiapsiagaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai tanggal 15 Desember 2023 hingga 08 Januari 2024.

“Pada perayaan natal 2023, sebanyak 3.258 personel pelayanan Teknik dan personel PDKB akan mengamankan 659 gereja dan 30 lokasi lainnya yang akan menggelar perayaan Natal. Untuk beban puncak Sumut tadi malam (24/12) sebesar 2.005 MW,” ujar Awaluddin.

PLN UID Sumatera Utara juga memastikan keandalan pasokan listrik selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan tetap terjaga. Selain personel PLN juga mempersiapkan peralatan peripheral untuk mendukung keandalan berupa Uninterruptible Power Supply (UPS) sebanyak 8 unit, Unit Gardu Bergerak (UGB) sebanyak 67 unit, mobil crane sebanyak 9 unit dan kendaraan pendukung sebanyak 321 unit.

Untuk memastikan keandalan listrik selama perayaan natal dan tahun baru 2024, Awaluddin menghimbau masyarakat untuk berhati – hati saat bermain kembang api saat merayakan tahun baru 2024 mendatang.
“Jangan bermain kembang api di sekitar jaringan listrik karena akan berpotensi mengakibatkan kebakaran dan pemadaman,” tegas Awaluddin.

PLN UID Sumatera Utara juga menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tetap beroperasi selama perayaan natal dan tahun baru 2024. Terdapat 14 lokasi SPKLU yang dapat diakses pemilik kendaraan listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi PLN Mobile, masyarakat dapat mengakses seluruh layanan PLN hanya dalam satu genggaman. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui appstore dan playstore. (IL)

Komentar

Loading...