Bupati Deli Serdang & Baznas Salurkan Zakat pada 1.099 Penerima Manfaat

RUBIS.ID, DELI SERDANG - Sebanyak 1.097 Muzzaki (orang yang berhak dan pantas) dari lima kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, yakni Percut Sei Tuan, Hamparan Perak, Lubuk Pakam, Labuhan Deli, dan Tanjung Morawa, menerima bantuan dan zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deli Serdang, Rabu (1/2/2023).

Rinciannya, 1.000 fakir miskin, 41 muallaf, 52 penerima bantuan kursi roda, dan satu orang penerima alat bantu dengar.

Selain itu, di acara yang diadakan di Convention Hall Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang tersebut, juga diserahkan bantuan satu unit sepeda kepada seorang penjual pecal di Kecamatan Lubuk Pakam yang selama ini berjualan dengan berjalan kaki, dua penerima bantuan kursi pangkas, bantuan kepada satu pesantren rumah tahfiz dan masjid.


"Dapat kami laporkan, jumlah bantuan yang disalurkan dalam kegiatan ini sebesar Rp410 juta. Sumber dananya dari zakat dari para aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Deli Serdang dan pengusaha," ujar Ketua Baznas Deli Serdang, H Surya Saputra di acara penyaluran dana zakat/infaq tersebut.

Disebutkan Ketua Baznas, pendapatan zakat yang diperoleh Baznas tahun 2022 lalu sebesar Rp2,4 miliar berasal dari zakat dan infaq para ASN Pemkab Serdang.

Di tahun 2023 ini, estimasi perolehan zakat mengalami peningkatan menjadi sebesar Rp4,7 miliar.

"Kenaikan ini kami harapkan dari penguatan zakat dan infak di kalangan ASN, para kepala desa dan lurah serta perangkatnya. Juga dari penggerak dunia usaha. Mudah-mudahan hal yang sama dapat dilakukan di 22 kecamatan dan seluruh pengusaha di Kabupaten Deli Serdang ini," harap Ketua Baznas.


Sementara itu, Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dalam arahannya menegaskan keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah di bawah naungan Kementerian Agama merupakan instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan serta pengelolaan zakat yang orientasinya pada kepentingan umum.

"Keberadaan Baznas sebagai penyelenggara, pengelola zakat dan infaq terus menyusun berbagai program unggulan dalam penyaluran zakat dan infaq yang sungguh-sungguh dibutuhkan para Muzzaki. Tujuannya agar penerima manfaat lebih berdaya serta menjadi insan yang mandiri dan bermartabat," ucap Bupati.


Hal yang patut disyukuri, sambung Bupati, Baznas selama ini telah banyak memberi perubahan yang bisa dilihat dari semakin banyaknya penerima manfaat dari bantuan yang diberikan.

"Kita semua berharap bantuan dana zakat dan infak yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dan bermanfaat bagi penerima manfaat," harap Bupati.

Ke depannya, diharapkan pula lebih banyak ASN dan pihak-pihak lainnya melaksanakan kewajibannya untuk membayar zakat.

"Sesungguhnya, semua yang terorganisir akan lebih baik dan bermanfaat. Melalui kegiatan yang seperti ini, dengan kehadiran semua kita para pemangku kepentingan di Kabupaten Deli Serdang ini, ke depan lebih banyak lagi zakat-zakat yang dapat disalurkan melalui Baznas," pungkas Bupati.

Turut hadir di acara itu, Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Sahri SH; Pasipers Kodim 0204/DS, Kapten Inf R Sinaga, Kabag SDM Polresta Deli Serdang, Kompol Selamet Riyadi; Kasubsi Intel Kejari Deli Serdang, Edy Sanjaya SH, Panitera Pengadilan Agama Lubuk Pakam, H Alpin Khoir Nasition SAg MH; pra staf ahli, asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), kepala bagian (kabag), camat, lurah dan kepala desa; Ketua MUI Deli Serdang, Kyai Amir Panatagama SPdI, owner Uncle Sam, Muhammad Syam Nasution; owner Mama Parfum, Sofyan Saputra Dedek Suhendra; dan lainnya.(Red/Rel) 

Komentar

Loading...