Ops Zebra Toba 2023, Sat Lantas Polres Binjai Tilang 115 dan 789 Teguran kepada Pelanggar

RUBIS.ID, BINJAI - Sembilan hari bergulir Ops Zebra Toba 2023, sejak tanggal 04 hingga 12 September 2023, Sat Lantas Polres Binjai telah melakukan penindakan tilang sebanyak 115 dan 789 teguran kepada pelanggar.

Kasat Lantas Polres Binjai, AKP Agus Ita Lestari Ginting SIK MSI mengatakan, Ops Zebra Toba 2023 dilakukan dengan tujuan menurunkan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas (laka lantas) serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah hukum (wilkum) Polres Binjai.

Ita menghimbau bagi para pengguna jalan yakni pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm SNI.

Ia juga menjelaskan terkait tentang penggunaan helm SNI, bukan hanya kepada pengendara saja, namun juga bagi penumpang sepeda motor yang dibonceng.

Sesuai dengan peraturan yang tertuang dalam pasal 106 ayat 8 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan jalan disebutkan, setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib mengenakan helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Dijelaskan pentingnya menggunakan helm SNI bagi pengemudi dan penumpang sepeda motor, yaitu untuk keselamatan di jalan, dimana bila terjadi kecelakaan lalu lintas, maka helm SNI akan dapat melindungi kepala dari cedera serius sehingga dapat mengurangi fatalitas akibat dari kecelakaan lalu lintas.

Sesuai dengan Pasal 68 ayat (1) undang-undang nomor 22 Tahum 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK) dan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

Jadi pengendara harus melengkapi dokumen kendaraan seperti STNK. Dalam hal ini, tentunya STNK yang dimaksud adalah STNK yang masih berlaku, tutup.(HND)

Komentar

Loading...